Segini Anggaran yang Diajukan Kota Pasuruan untuk Perbaikan Jalan Kiai Mansyur

RUSAK PARAH: Pengendara melintas di Jalan KH Mansyur, Rabu (22/8) pagi. Perbaikan jalan rusak di jalan tersebut sudah diajukan Pemkot Pasuruan. (Mokhammad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Rusaknya Jalan Kiai Manysur di Tembokrejo, memang akan dibenahi setelah proyek strategis nasional berakhir. Pemkot Pasuruan bahkan sudah mengajukan rincian anggaran untuk perbaikan tersebut. Nilainya mencapai Rp 6 miliar rupiah.

Pengajuan anggaran untuk perbaikan di Jalan Kiai Mansyur memang besar. Sebab, pemkot menilai, perbaikan disana bukan hanya untuk mengaspal jalan. Tapi untuk rekonstruksi.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan jalan Kiai Mansyur akan segera diperbaiki. Rencana perbaikannya akan dilakukan pada 2019 mendatang usai pengerjaan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) rampung.

PUPR pun sudah mengajukan anggaran perbaikannya pada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Perbaikannya berupa rekonstruksi atau penggantian struktur lapisan aspal sepanjang tiga kilometer sampai batas kota.

“Kami sudah mengajukan anggaran Rp 6 miliar ke pemerintah pusat. Perbaikannya dengan rekonstruksi total karena kerusakannya sangat parah. Ada sejumlah struktur lapisannya yang amblas. Insya Allah, pengerjaannya tahun depan,” kata Akung.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Pasuruan, Helmi menjelaskan pihaknya menyambut positif pengajuan Pemkot untuk rekonstruksi Jalan Kyai Mansur. Sebab, kondisi ruas jalan setempat sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas.

“Tentunya kami senang dengan informasi tersebut. Mudah-mudahan segera terealisasi. Pasalnya, jalan setempat sangat tidak nyaman untuk dilewati. Sembari menunggu, perbaikan sementara harus terus dilakukan,” ungkapnya. (riz/fun)