Dituding Curi Motor di Garasi, Pria asal Bugul Kidul Ini Dimassa di Wonorejo

WONOREJO, Radar Bromo – Abdul Hamid, 35, menjadi bulan-bulanan massa, Minggu (22/3). Dia tertangkap basah hendak mencuri motor Honda Vario milik Syafaat, 46, warga Dusun Cobansari, Desa Cobanblimbing, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Warga yang geram lantas menghajar warga Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, itu. Akibatnya, pelipis dan mata pelaku penuh luka lebam. Syukur aksi ini berhasil dilerai oleh pihak kepolisian. Pelaku lantas diamankan ke Mapolsek Wonorejo untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Peristiwa ini diketahui terjadi sekitar pukul 11.00. Siang itu pelaku bersama seorang temannya datang berboncengan menggunakan motor Honda Beat warna hitam. Sesampainya di depan rumah korban, keduanya berhenti dan melihat kondisi sekitar.

Usai dipastikan aman, pelaku turun dari motor dan masuk ke rumah korban. Di dalam garasi di sebelah timur rumah, ia melihat ada motor Honda Vario nopol N 4058 TBC. Ia lantas merusak kunci motor dengan kunci T. Selanjutnya motor itu dikeluarkan ke luar rumah.

LUKA-LUKA: Akibat dihakimi massa, Abdul Hamid babak belur. (Foto: Istimewa)

Namun apes, saat itulah korban pulang ke rumahnya usai bekerja di sawah. Melihat motornya dituntun keluar orang tak dikenal, korban sadar sedang jadi korban curanmor.

Perkelahian di antara keduanya pun tidak terelakkan. Mereka saling adu jotos. Tak lama kemudian, keponakan korban bernama Miswan datang membantu. Ia juga sempat meminta tolong pada warga setempat.

Warga yang mendengar peristiwa ini datang untuk membantu. Akibatnya pelaku pun menjadi sansak hidup. Salah seorang warga lantas menghubungi Polsek Wonorejo. Dan, 15 menit kemudian, polisi datang dan membawa pelaku ke mapolsek setempat. Sementara satu rekan pelaku melarikan diri.

Kades Cobanblimbing Musta’in Romli mengungkapkan, saat peristiwa terjadi, rumah korban dan lingkungan sekitar sedang sepi. Sebab, ada selamatan kematian salah seorang warga setempat. Nah, diduga kondisi sepi inilah dimanfaatkan oleh pelaku untuk melakukan aksinya mencuri motor.

“Cuma saat pelaku hendak mengeluarkan motor dari garasi rumah, aksinya diketahui oleh pemilik motor dan warga. Akibatnya sempat terjadi perlawanan. Syukur, ada polisi yang datang untuk mengamankan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Wonorejo AKP Made Jayantara membenarkan aksi percobaan pencurian yang dilakukan pelaku. Pelaku dan barang bukti (BB) motor sudah diamankan di Mapolsek. Sejauh ini pihaknya masih terus menyelidiki kasus ini untuk dilakukan pengembangan.

“Iya betul. Cuma kami belum bisa berkomentar banyak terkait aksi yang dilakukan pelaku. Kami masih melakukan pengembangan dengan meminta keterangan dari pemilik motor, pelaku dan saksi mata dari warga setempat,” terangnya. (riz/hn/fun)