Hujan Deras Buat Lumpur Tutupi Ruas Tol Malang-Pandaan

SUDAH DIBERSIHKAN: Material lumpur di Km 68.800, ruas jalan tol Pandaan - Malang, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari. (Foto: PT Jasamarga Pandaan Tol for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOSARI, Radar Bromo

KE JALAN: Material lumpur di Km 68.800, ruas jalan tol Pandaan – Malang, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari. (Foto: PT Jasamarga Pandaan Tol for Jawa Pos Radar Bromo)

Material lumpur memenuhi badan jalan, terutama di lajur kiri tol Mapan, arah Malang – Surabaya. Masuk di Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

“Memang sempat ada genangan air atau banjir di Km 68.800 arah Malang ke Surabaya. Tapi hanya sebentar saja. Begitu hujan deras reda, airnya surut,” ucap humas PT. Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri Antyo.

Genangan air menurutnya, terjadi karena curah hujan tinggi. Sehingga, saluran irigasi yang berada di samping jalan tol tidak mampu menampung debit air. Airnya, air melupas dan masuk ke badan jalan. Selama satu jam, air menggenang. Yaitu, mulai pukul 16.45 sampai 17.20.

Saat ini, kondisi saluran irigasi kembali normal. Di lokasi genangan, telah dilakukan peninggian tanggul saluran irigasi, dengan material tanah dan kerikil. Petugas juga membersihkan jalan yang dipenuhi lumpur.

“Penanganan jangka pendek sudah kami tempuh. Untuk jangka panjangnya kami akan meninggikan tanggul saluran irigasi dengan perkerasan batu. Diupayakan secepatnya realisasi,” katanya. (zal/fun)