alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Cuma Naik Sedikit, Target PAD Dinas Lingkungan Hidup Disorot Dewan

BANGIL – Stagnannya pendapatan daerah dari retribusi sampah dan uji laboratorium, menjadi cibiran legislatif. Dewan menganggap DLH Kabupaten Pasuruan, tak bekerja, lantaran tak memasang target tinggi.

Sorotan itu dilontarkan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, Saifullah Damanhuri. Ia memandang, PAD yang direalisasikan DLH Kabupaten Pasuruan, terbilang rendah. Pasalnya, DLH tak berani mengejar perolehan PAD jauh lebih tinggi dari target sebelumnya.

Gus Saiful-sapaannya merincikan, pendapatan dari retribusi sampah misalnya, hanya dipatok Rp 800 juta. Harusnya, DLH Kabupaten Pasuruan bisa merealisasikannya hingga Rp 2 miliar setahun. Begitupun dengan uji laboratorium yang hanya Rp 950 juta.

“Paling tidak seharusnya, bisa sampai Rp 2 miliar. Itu baru bisa dianggap bekerja. Kalau stagnan, artinya DLH tidak bekerja,” beber Gus Saiful.

Senada diungkapkan Hermadi, anggota komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan yang lain. Ia memandang, target perolehan PAD tahun depan, seharusnya bisa lebih tinggi dari tahun 2018 ini. Mengingat, potensi Kabupaten Pasuruan sangat besar.

“Berapa banyak pabrik di Kabupaten Pasuruan. Seharusnya, perolehan dari uji lab, kan bisa jauh lebih tinggi dari target Rp 950 juta itu,” sampainya.

Apalagi, DLH Kabupaten Pasuruan banyak menghabiskan anggaran untuk kegiatan pengadaan belanja bahan kimia. Setidaknya, dana yang dihabiskan bisa mencapai Rp 550 juta.

“Kalau nilai yang dihabiskan sebesar itu (Rp 550 juta, red), sementara yang dapatkan hanya Rp 950 juta, maka pakpok (tidak untung dan tidak rugi) saja. Harusnya, bisa lebih dari itu,” desaknya.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Muchaimin mengungkapkan, berani menaikkan target PAD dari sektor persampahan dan uji laboratorium. Hanya saja, kenaikannya tak signifikan. Hanya total Rp 250 juta.

“Kami realistis saja. Karena target PAD hingga saat ini, belum tercapai sepenuhnya. Baru sekitar Rp 1,5 miliar,” sambungnya.

Ia menambahkan, meski banyak perusahaan, tidak semuanya, melakukan pengujian di Kabupaten Pasuruan. Karena, ada beberapa yang memilih ke luar pasuruan. (one/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.