alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Anggota JMSI Jatim Media yang Kredibel

SURABAYA, JMSI- Sebagai organisasi baru yang menghimpun media siber, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menjamin anggotanya terdiri dari media media siber yang kredibel. Penegasan ini disampaikan Ketua JMSI Jatim Eko Pamuji di sela acara Talk Show Pilkada sekaligus Raker JMSI Jatim di Grand City Mall, Kamis (22/10).

Menurut Eko Pamuji, untuk menjadi anggota JMSI, media minimal harus sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers. “Kami jamin semua anggota kami minimal sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Kami akan bantu verifikasinya,” tegas Eko.

Sampai saat ini, anggota JMSI Jatim sudah mencapai 25 anggota media siber. Menurut Eko, JMSI tidak ingin semata mencari anggota, tetapi yang diutamakan adalah bagaimana bisa  meningkatkan kemanfaatan bagi anggotanya.

“Hadirnya organisasi ini adalah memberi kemanfaatan bagi anggotanya, selain tentu kemanfaatan untuk masyarakat,” kata Eko yang juga Sekretaris PWI Jatim.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengingatkan, ada batas yang jelas antara produk karya jurnalistik dan media sosial. Menurut Ainur Rohim, yang membedakan adalah aspek klarifikasi dan konfirmasi. “Jadi karya jurnalistik harus jelas konfirmasi dan klarifikasinya, ” jelas Ainurrahim.

Lebih lanjut menurut Air, panggilan akrabnya, kebutuhan akan klarifikasi dan konfirmasi itu semakin menemukan relevansinya dengan banyak hoaks yang beredar. “Jangan sampai media ikut-ikutan memproduksi hoaks,” tegasnya. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pembina JMSI Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT.

Saat memberi sambutan, Wahid Wahyudi yang juga Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini mengingatkan agar media memberi kesejukan di tengah menanasnya atmosfer politik akibat pilkada. selain memberi ketenangan, media lanjut Wahid juga ikut memberi edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 yang belum juga mereda. “Media harus ikut mengampanyekan protokol kesehatan,” harap Wahid.

Setelah acara talkshow yang mengambil tema “Kampanye Sehat di Media Massa” tersebut, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara JMSI Jatim dan Unitomo sekaligus penyampaian penghargaan sebagai Kampus Ramah Media. Sebelum acara ditutup dilanjutkan dengan rapat kerja (Raker) JMSI Jatim. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.