alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Teno Sah Jadi Wali Kota Pasuruan, Menjabat sampai Februari

SURABAYA, Radar Bromo – Raharto Teno Prasetyo sah menjadi Wali Kota Pasuruan untuk sisa masa bakti 2016-2021. Itu setelah ia dilantik langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Kota Surabaya, Senin (21/9). Teno akan menjabat sebagai wali kota Pasuruan hingga Februari 2021 mendatang.

Pelantikan ini sendiri dimulai sekitar pukul 11.00. Turut hadir dalam acara ini, Wagub Jatim Emil Dardak; Ketua PKK sekaligus Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pasuruan mulai dari Ketua DPRD, Ismail Marzuki Hasan; Dandim 0819, Letkol Burhan Fajari hingga Kepala Diskominfo Kokoh Arie Hidayat.

Teno sendiri datang bersama istrinya, Adisti Dwipayanti. Selama acara yang berlangsung kurang lebih 30 menit, Adisti juga dilantik sebagai Ketua tim PKK dan Dekranasda Kota Pasuruan. Palantikannya dilakukan langsung oleh Arumi Bachsin selaku Ketua tim PKK dan Dekranasda Jatim. Acara sendiri berjalan lancar hingga pelantikan selesai.

ORANG NOMOR SATU: Teno akan menjadi wali kota hingga Februari 2021 mendatang. (Foto: Fahrizal Firmani/ Jawa Pos Radar Bromo)

Kabiro Pemerintahan Pemprov Jatim, Jempin Marbun mengungkapkan, sesuai SK mendagri tertanda 28 April, pihaknya memberhentikan secara tidak hormat Wali Kota sebelumnya, Setiyono karena terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi selama masa jabatannya.

Pihaknya juga mengangkat Raharto Teno Prasetyo yang sebelumnya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pasuruan sejak November 2019 lalu. Dengan pelantikan ini, Teno disebutkannya juga akan mendapatkan gaji dan tunjangan wali kota sesuai aturan.

“Melantik Raharto Teno Prasetyo untuk sisa masa bakti 2016 hingga 2021. Yang bersangkutan akan mendapatkan gaji maupun fasilitas dan tunjangan sebagai wali kota hingga masa akhir tugas pada 17 Februari mendatang,” ungkapnya.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya meminta agar Raharto Teno segera nyetel dengan tugas dan kewajiban sebagai Wali Kota Pasuruan. Di sisa masa jabatan 2016-2021, ia berharap agar Teno mampu mengemban tugas untuk menyejahterakan masyarakat yang dipimpinnya.

Apalagi menurutnya, Kota Pasuruan akan menghadapi agenda penting berupa Pilwali pada Desember mendatang. Pihaknya berharap agar segalanya bisa berjalan dengan lancar.

“Yang paling penting saat ini kan dalam masa pandemi Covid 19. Jadi, sembari menunggu aturan dari KPU pusat, kami harap jalannya pilwali nanti kondusif dan kegiatan yang mendatangkan keramaian mulai dari kampanye hingga konser, tetap mengacu pada protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Teno mengatakan, pihakmya siap mengemban tugas dan tanggung jawab selaku Wali Kota Pasuruan. Dan agenda paling dekat yang ingin disukseskannya adalah pembahasan P-APBD 2020 sebelum ia memasuki masa cuti dalam menyongsong Pilwali Kota Pasuruan pada 9 Desember mendatang. Ia sendiri sudah mengajukan cuti ke Mendagri pada 6 September lalu, namun sampai saat ini pengajuannya belum turun.

Soal isu jika kepala daerah boleh tidak cuti, Teno mengaku, pihaknya tetap taat aturan. Sebab hal ini masih dibahas oleh pemerintah pusat. Begitu pula soal kemungkinan dirinya dibantu oleh wakil wali kota di sisa masa bakti 2016-2021 untuk membantu tugasnya. Teno memastikan jika pihaknya akan tetap taat pada aturan yang berlaku.

Namun dia memastikan selama sisa masa jabatan hingga 17 Februari mendatang, pihaknya akan memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pasuruan.

“Saya akan cuti. Pengajuannya sudah dilakukan pada 6 september lalu dan kini tinggal turun saja. Yang jelas saya tetap taat aturan yang berlaku. Tentu seluruh visi dan misi pemkot untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kota Pasuruan menjadi prioritas saya,” sebut Teno. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.