alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Pelajar di Kota Probolinggo Terima Paket Data, Berupa Apa

KANIGARAN, Radar Bromo – Beberapa siswa SD/MI di Kota Probolinggo memastikan telah menerima paket data untuk pembelajaran daring. Paket data ini telah diterima dari pihak sekolah sejak minggu ke 2 September 2020. Sebagian lagi masih menunggu dan sudah diajukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo.

Paket data tersebut bahkan sudah bisa digunakan siswa. Salah satunya Fazamillah, 12, siswa MI Muhammadiyah 1. Dia telah menerima paket data untuk belajar daring sejak 10 September 2020. Paket data ini hanya bisa digunakan untuk kegiatan belajar saja.

“Kalau buat WA tidak bisa. Bisanya buat belajar daring. Kebetulan di sekolah pakai Google classroom untuk belajarnya,” ujar Faza, panggilan akrabnya.

Paket data yang diberikan ini sebesar 10 GB. Paket data ini telah digunakan untuk belajar. Namun 2 adiknya yang bersekolah di lembaga pendidikan lain masih belum menerima. Faza sendiri mengaku tidka tahu paket data yang diberikan ini darimana. Sepengetahuannya paket data diberikan dari sekolah.

Hal senada juga diungkapkan HN,32, salah satu walimurid di salah satu SD negeri di Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan. “Sudah dapat 4 GB dari tanggal 16 September 2020 kemarin. Ini sudah ke 4 kalinya saya menerima. Tapi kalau dari mana, ini yang kurang tahu yaa,” ujarnya.

Ibu 2 orang anak ini menjelaskan bahwa sejak pandemi dia rutin mendapatkan kartu berisi paket data dari pihak sekolah. Paket data ini yang digunakan untuk belajar daring. Kemungkinan paket data yang diterima HN merupakan paket data yang dianggarkan Pemkot Probolinggo yang bersumber dari dana BOSDA. Paket data ini diberikan sejak mei, Juni, Juli, dan Agustus.

Disisi lain pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga menganggarkan bantuan paket data kepada siswa, mahasiswa, mau pun guru. Paket ini ini berwariasi untuk siswa sebesar 35 GB dan Guru 42 GB setiap bulan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo bahkan memastikan bahwa seluruh siswa SD dan SMP baik negeri dan swasta se-Kota probolinggo telah diajukan untuk mendapat program paket data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun tidak bisa dipastikan kapan dan besaran yang akan diterima siswa.

“Untuk besaran paket data ini seperti yang telah disampaikan yaitu siswa 35 GB dan guru 42 GB. Namun mekanisme turunnya seperti apa serta besarannya seperti apa, kami tidak tahu pasti karena ini dari program pusat,” ujar Moch maskur, Kepala Disdikbud Kota Probolinggo saat dikonfirmasi, kemarin (21/9).

Maskur menjelaskan bahwa saat ini masih dieprpanjang proses pendaftaran nomor siswa yang akan mendapatkan paket data. Sebelumnya pendaftaran sampai akhir Agustus, kemudian diperpanjang sampai 10-11 September 2020.

“Informasi terbaru masih diperpanjang lagi pendaftarannya. Wajar terjadi karena yang didata ini nomor siswa seluruh indonesia,” terangnya.

Untuk di Kota Probolinggo seluruh siswa SD dan SMP serta guru sudah masuk dalam program ini. Pendaftarannya melalui Dapodik siswa serta data nomor siswa yang didapat dari program abntuan paket data dari BOS sebelumnya. Total jumlah siswa SD dan SMP baik swasta negeri di Kota Probolinggo mencapai 28.180 siswa. Sedangkan jumlah guru 1.479 guru. (put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.