alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Pabrik Rokok Tertinggi Sumbang Pasien, Bupati Beri Dua Opsi Ini

MAYANGAN, Radar Bromo – Dua pabrik rokok di Kabupaten Probolinggo menjadi penyumbang jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi dalam dua pekan terakhir. Dari 145 tambahan kasus, sebanyak 124 kasus dari kluster pabrik.

Dua pabrik rokok penyumbang tertinggi itu adalah pabrik PT Secco Nusantara Paiton dan PT. HM. Sampoerna, Kraksaan. Kondisi ini membuat Pemkab Probolinggo memberikan dua opsi. Pabrik tersebut memberlakukan lockdown atau melakukan tes swab masal terhadap semua pekerjanya.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Puput Tantriana Sari membenarkan ada dua pabrik penyumbang tambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Total ada 100 pasien lebih dari kluster pabrik rokok tersebut.

“Tambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, bekalangan ini paling tinggi dari kluster pabrik rokok. Sekitar 100 lebih kasus positif dari kluster pabrik rokok dari Secco Paiton dan Sampoerna Kraksaan,” katanya, kemarin.

Tantri mengungkapkan, pihaknya memberikan dua opsi terhadap pabrik rokok penyumbang kluster tertinggi; melakukan lockdown atau melakukan tes swab terhadap semua karyawannya. “Untuk Pabrik Secco Paiton sudah memutuskan lockdown. Kalau pabrik Sampoerna, masih mempertimbangkan untuk lockdown. Karena itu, saya berikan dua opsi,” ujar perempuan yang juga Bupati Probolinggo tersebut.

Sampai kemarin, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo hampir menyentuh angka seribu, mencapai 904 pasien. Dari jumlah itu ada 541 pasien yang dinyatakan sudah sembuh dan 40 pasien meninggal dunia. Di samping itu, masih ada 81 pasien yang dinyatakan suspect.

Sementara itu, Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Prbolinggo Dewi Veronica mengatakan, kontak yang lama antarkaryawan sangat membuka peluang terhadap terjadinya penularan. Karenanya, pihaknya selalu mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan di mana dan kapan saja.

“Dengan upaya tracing makin luas menjadikan yang terpapar Covid-19 bisa segera tertangani. Sehingga, ke depan penyebarannya bisa dihentikan. Kemudian, tidak ada lagi lonjakan Covid-19,” jelasnya.

Terkait kasus Covid di PT Secco Nusantara Paiton, salah satu manajemen perusahaan Taufik belum berhasil dimintai keterangan. Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, berulang kali tidak direspons. Begitu juga dengan pihak manajemen PT HM. Sampoerna Kraksaan. Eko, salah satu jajaran manajemen di perusahaan, juga tidak merespons. (mas/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.