Kepala Disdikpora Pantau TK yang Sempat Viral saat Pawai, Hasilnya..

TINJAU LANGSUNG: Kepala Disdikpora Moch Masykur saat mendatangi kantor TK Kartika V-69 yang sempat disorot lantaran menampilkan siswi bercadar dan menenteng replika senjata saat pawai. (Istimewa)

Related Post

MAYANGAN – Viralnya aksi bocah-bocah TK Kartika Candra V-69 yang mengenakan cadar dan menenteng replika senjata saat pawai terus mendapat perhatian Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo. Selasa (21/8), kepala disdikpora, Moch Maskur memeriksa langsung situasi di sekolah tersebut. Hasilnya, tidak ada pendidikan berbau radikalisme.

“Kami sudah datang ke sekolah (TK Kartika Candra V 69) untuk memantau kondisi sekolah. Sebab, lembaga ini dalam kewenangan kami dari segi pelaksanaan pendidikan,” terang Maskur.

Hasil pemantauan, menurut Maskur, tidak ada pendidikan berbau radikalisme di TK yang satu lokasi dengan Markas Kodim 0820 itu. Media pembelajaran yang digunakan di sekolah misalnya, hampir sama dengan TK yang lain.

“Media pembelajarannya umum, seperti di TK-TK lainnya. Tidak ada peralatan yang menunjukkan siswa-siswa diajarkan materi pendidikan radikalisme,” ujarnya.

Selain memantau kelengkapan pendidikan di TK, Disdikpora juga memeriksa SDM di sekolah. Salah satunya memanggil kepala sekolah TK Kartika Candra untuk dimintai keterangan.

“Yang memeriksa bukan dari bidang PAUD, tapi bidang Ketenagaan. Yang dipanggil adalah kepala sekolah. Kepala sekolah di sini berstatus sebagai ASN Pemkot,” jelasnya.

Selama pemeriksaan, menurut Maskur, kepala sekolah banyak ditanya tentang praktik pendidikan di sekolah. “Yang kami gali lebih pada karakter kepala sekolah serta praktik pendidikan di sekolah seperti apa. Pemanggilannya hari ini di kantor Disdikpora,” ujarnya.

Maskur juga sempat menyinggung tentang bantuan Rp 25 juta dari Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy. Menurutnya, bantuan itu akan digunakan untuk pengembangan pendidikan sekolah.

“Bantuan itu untuk menyiapkan sekolah agar siswa tidak mampu bisa masuk ke TK Kartika Candra. Seperti untuk bantuan seragam,” jelasnya. (put/hn/mie)