Proyek Revitalisasi Pasar Ngempit di Kraton Mulai Dikerjakan

KRATON, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Ngempit, di Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton sudah mulai dikerjakan. Setelah pembongkaran bangunan lama, proyek miliaran untuk revitalisasi bangunan baru itu akan dikebut. Ini lantaran pembangunan sudah selesai dalam 5 bulan ke depan.

Edy Suwanto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pasuruan terus melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional . Ini agar pasar tradisional lebih modern dan tertata rapi.

“Termasuk di Pasar Ngempit, Kraton ini yang tahun ini juga dilakukan revitalisasi untuk memperbaiki bangunan yang lama,” terangnya.

Sebelumnya, bangunan di Pasar Ngempit ini masih kurang tertata rapi. Termasuk jika hujan sering becek dan membuat tidak nyaman pedagang dan pengunjung. Sehingga tahun ini direncanakan untuk dilakukan pembenahan. Anggarannya cukup besar karena menyentuh di digit Rp 3,5 miliar, yang digelontor dari APBD Kabupaten Pasuruan.

Untuk tahun ini los dan kios di tengah pasar yang dilakukan pembenahan. Dikatakan Edy Suwanto, ada sebanyak 100 los dan kios yang ada di tengah pasar Ngempit yang akan dibangun. “Saat ini sudah proses pembongkaran bangunan lama dan diteruskan pembangunan bangunan baru,” terangnya.

Pedagang yang sebelumnya berdagang di bangunan yang direvitalisasi sementara dipindah ke area depan dan belakang pasar. Dari Disperindag sendiri menargetkan revitalisasi ini bisa selesai dalam tempo 5 bulan. “Targetnya bulan Desember sudah selesai dan setelah itu bisa dimanfaatkan kembali oleh pedagang setempat,” ujarnya. (eka/fun)