Inilah Para Pemenang Kampung Hebat dan Sobat Lingkungan Tahun 2019

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Agenda Kampung Hebat Award kerja bareng Pemkot Pasuruan dengan Jawa Pos Radar Bromo mencapai puncaknya. Jumat petang (20/12), Kampung Hebat Award memberikan penghargaan pada enam pemenang untuk dua kategori yang dinominasikan. Selain itu dua pemuda-pemudi asal Kota Pasuruan juga diberikan penghargaan sebagai sobat lingkungan.

Sejumlah pejabat perangkat daerah (PD) di Kota Pasuruan turut hadir dalam acara ini. Di antaranya Plt Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo; Wakapolres Pasuruan Kota, Kompol Mario Prihatikno; Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan; dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Rudiyanto.

Gelaran Kampung Hebat Award ini dilaksanakan di Taman Kota Pasuruan sekitar pukul 19.00. Sejumlah masyarakat pun antusias melihat Awarding ini. Mereka memadati lokasi setempat. Selama 2,5 jam, masyarakat dihibur oleh sejumlah hiburan seperti perkusi dari Sanggar Cuci Otak dan By Pass Band.

Untuk diketahui pendaftaran peserta kampung hebat dimulai pada 5 November 2019. Beberapa tahapan penting sudah dilakukan mulai dari tahap penilaian administrasi, tahapan presentasi hingga akhirnya masing-masing ditetapkan delapan nominator untuk kategori perumahan dan kategori permukiman.

Selain itu, tahapan yang tidak kalah pentingnya adalah kunjungan lapangan.

MERIAH: Hiburan yang tersaji dalam awarding Kampung Hebat di Taman Kota Jalan Pahlawan, Jumat (20/12) malam. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Kunjungan lapangan ini dimaksudkan untuk memastikan kondisi lingkungan dari 16 nominator yang sudah ditetapkan oleh dewan juri. Tahapan ini dimulai 25 November sampai 27 November dan mendapatkan antusiasme dari warga.

Dan setelah melewati rangkaian tahapan penilaian yang sudah ditetapkan. Dewan juri Kampung Hebat menentukan tiga pemenang untuk masing masing kategori. Untuk ketegori perumahan juara III dengan total nilai 2786 diberikan kepada RT 5 RW 6 Kelurahan Purutrejo. Juara II dengan total nilai 2858 diberikan kepada RT 4 RW 3 Kelurahan Kebonagung.

Dan juara I dengan total nilai 2975 diberikan kepada RT 8 RW 6 Kelurahan Bugul Kidul. Sementara untuk kategori permukiman, juara III dengan nilai 2641 diberikan kepada RT 3 RW 4 Kelurahan Purworejo. Juara II dengan total nilai 2991 diberikan kepada RT 4 RW 6 Kelurahan Kebonagung. Dan juara I dengan total nilai 3141 diberikan pada Kelurahan Pekuncen.

Tidak hanya menggelar event Lomba Kampung Hebat, Pemkot Pasuruan bersama Jawa Pos Radar Bromo juga mencari anak anak muda yang memiliki perhatian sekaligus kepedulian dan inovasi dalam mengatasi permasalahan lingkungan melalui sobat lingkungan tahun 2019. Lomba ini diikuti oleh puluhan pendaftar usia 17 sampai 23 tahun. Dari tahapan seleksi pada 2 Desember dan dilanjutkan tahapan presentasi di hadapan dewan juri.

Sobat Lingkungan Kota Pasuruan tahun 2019 diberikan pada Muhammad Thoriq seorang Mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang dengan total nilai 560 dan Novita Dinda Aliya seorang siswi SMAN 2 Kota Pasuruan dengan nilai total 603.

Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi keberhasilan para pemenang Lomba Kampung Hebat. Sebab mereka adalah aktor di balik kebersihan lingkungan di Kota Pasuruan.

Teno -sapaan akrabnya- mengaku anugerah tahun ini merupakan gelaran tahun ketiga yang dilaksanakan oleh Pemkot Pasuruan. Ia berharap penghargaan ini dapat semakin memotivasi masyarakat untuk semakin memperhatikan kebersihan dari lingkungan tempat tinggalnya.

Ia menyebut volume sampah di Kota Pasuruan saat ini mencapai 128 ton per hari. Sementara luasan ruang terbuka hijau (RTH) saat ini baru mencapai 24 persen. Luasan ini sendiri masih belum ideal. Sebab, idealnya adalah 30 persen dari luas wilayah perkotaan.

“Saya ucapkan selamat pada pemenang. Semoga ini memacu kita untuk semakin memperhatikan lingkungan tempat tinggal kita. Kami sendiri terus berupaya memacu jumlah RTH di Kota Pasuruan sehingga ideal,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Rudiyanto mengaku pihaknya cukup puas dengan antusiasme masyarakat mengikuti gelaran tahun ini. Tentunya Pemkot akan mengevaluasi kekurangan yang terjadi selama gelaran Lomba Kampung Hebat.

Ia menyebut ke depannya DLHKP akan kembali melaksanakan event Kampung Hebat Award. Namun gelaran ini bakal ditingkatkan untuk kualitasnya dan kuantitasnya. Dan nominasi yang sudah ada saat ini bakal tetap dipertahankan untuk kembali dilombakan.

“Alhamdulillah gelaran tahun ini sukses besar. Terima kasih pada semua pihak dan masyarakat yang sudah mensukseskan Kampung Hebat Award tahun ini. Insya Allah tahun depan kegiatan ini akan digelar kembali,” jelas Rudi.

Ketua RW 3 RT 1 Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Tormudi menjelaskan kunci kesuksesan tahun ini adalah kebersamaan warga. Pihaknya rutin melakukan kegiatan bersama warga untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya setiap pekannya.

“Pada Jumat dan Minggu pagi, kami rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih. Semua dilibatkan. Selain itu warga juga sadar menanam tanaman di halaman rumahnya,” sebutnya. (riz/fun)