alexametrics
28.1 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Harga Bahan Pokok di Pasuruan Naik, tapi Tak Signifikan

PASURUAN, Radar Bromo – Harga beberapa bahan kebutuhan pokok merangkak naik menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru. Kenaikan harga kali ini seiring dengan tingginya permintaan, di samping berkurangnya pasokan.

Meski begitu, hal itu dinilai masih dalam batas wajar. Sebab, kenaikan harga yang terjadi juga tak begitu signifikan.

Seperti disampaikan oleh Kasi Perlindungan dan Pengawasan Konsumen pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Subhan Widi.

Menurutnya, pemerintah selama ini rutin memantau harga bahan kebutuhan pokok. Pemantauan harga itu dilakukan di tiga pasar tradisional secara acak. Yakni, Pasar Besar, Pasar Kebonagung, dan Pasar Gadingrejo.

“Hasil pemantauan, kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok sudah berlangsung sejak sepekan terakhir. Namun, ada juga yang turun,” ungkap Subhan.

Ia menjelaskan, kenaikan harga kali ini lebih banyak terjadi pada bahan bumbu dapur. Seperti cabai yang sebelumnya Rp 17 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

“Kenaikannya juga bertahap, mulai dari Rp 17 ribu, bertahan dua hari. Lalu, naik Rp 1 ribu hingga saat ini Rp 20 ribu,” ujarnya.

Selain itu, sebagian jenis sayur mayur juga mengalami kenaikan harga. Kisarannya, sekitar Rp 200 hingga Rp 500 untuk berbagai jenis sayur-mayur.

Lalu, harga telur juga turut naik. Sebelumnya, per kilogram telur ayam mencapai Rp 23 ribu. Kini menjadi Rp 24 ribu.

Pemerintah sendiri, kata Subhan, juga menyadari kenaikan harga kerap terjadi, terutama menjelang hari-hari besar. Kecenderungan itu memang sudah berlangsung setiap tahunnya. Di samping permintaan yang tinggi, Subhan menyebut berkurangnya pasokan juga bisa mempengaruhi harga.

“Kalau sayuran itu karena cuaca juga. Jadi pasokan dari petani minim, karena hasil panen yang kurang baik,” ujarnya.

Subhan mengatakan, pihaknya juga terus melaporkan harga kebutuhan bahan pokok ke Pemprov Jatim. Dengan begitu, Pemprov dapat mengetahui kondisi harga di pasar. Jika diketahui ada bahan pokok yang harganya naik drastis, biasanya Pemprov akan mengambil langkah.

“Kalau ada yang harganya naik drastis pasti ada peringatan dari Pemprov. Selama ini belum ada peringatan. Kalau kenaikan harga signifikan nanti ada operasi pasar untuk menjamin suplai di pasar,” bebernya.

Sementara, Subhan juga mengaku ada bahan pokok yang harganya justru turun. Yakni, daging ayam. Baik jenis ayam kampung maupun ayam broiler. Jika sebelumnya harga daging ayam mencapai Rp 24 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 23 ribu per kilogram. (tom/hn/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Progres Perbaikan Alun-alun Kraksaan Sisakan Bagian Timur

Dinas Perkim Kabupaten Probolinggo optimistis dapat menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan, bahkan sebelum tenggat waktu.

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.