Proyek Lampu PJL Rp 1,1 Miliar Awal Bulan Depan Harus Rampung

TERUS DIPERHATIKAN: Sejumlah pengendara melintas di jalan lingkungan Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, yang akan dilengkapi PJL. (Foto: M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Keresahan warga Kota Pasuruan saat melintas di jalan yang minim penerangan bisa dipastikan berkurang. Sebab, sejumlah ruas jalan lingkungan di Kota Pasuruan, kini dilengkapi lampu penerangan jalan lingkungan (PJL).

Tahun ini pemasangan lampu PJL itu dilakukan di sembilan lokasi yang tersebar di empat kecamatan. Di antaranya, di ruas jalan lingkungan Kecamatan Panggungrejo dan Kecamatan Gadingrejo, yang terbilang sangat minim penerangan.

“Di Panggungrejo berada di Kelurahan Pekuncen, Mayangan, dan Petamanan. Sementara, di Gadingrejo berada di Kelurahan Krapyakrejo, Randusari, Bukir, dan Karangketug,” ujar Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi.

Di Kecamatan Purworejo, pemasangan lampu PJL hanya untuk satu ruas jalan di Kelurahan Pohjentrek. Begitu pula dengan Kecamatan Bugul Kidul. Pemasangan lampu PJL akan dilakukan di ruas jalan Kelurahan Krampyangan.

Uung berharap, pemasangan lampu PJL ini akan mempermudah aktivitas warga. Di samping itu, juga demi keamanan masyarakat. Sebab, ruas jalan yang minim penerangan sering dijadikan pelaku kejahatan untuk beraksi. “Tidak semua kawasan itu tanpa lampu PJL sama sekali. Sebagian sudah ada, namun minim, sehingga perlu diperbanyak,” ujarnya.

Ruas jalan lingkungan di Kelurahan Pohjentrek merupakan salah satu kawasan dengan penerangan yang minim. Padahal, kawasan itu menjadi salah satu jalan alternatif dari kawasan Wirogunan menuju Pohjentrek. “Usulan dari kelurahan selama ini juga kerap terjadi kriminalitas,” jelasnya.

Menurut Uung, pemasangan lampu PJL itu sudah mulai dijalankan sejak awak Oktober lalu. Pihaknya menargetkan, proyek dengan anggaran Rp 1,1 miliar itu dapat rampung pada awal bulan depan. “Kami sudah bicarakan dengan PLN terkait instalasi listriknya. Jadi, listriknya nanti dipasang setelah pemasangan infrastruktur PJL selesai,” ujarnya. (tom/rud/fun)