Perpustakaan Sekargadung Disiapkan untuk Eco Library

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot terus berupaya meningkatkan minat baca di Kota Pasuruan. Salah satunya dengan mengembangkan eco library di Puskesmas Sekargadung, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo sejak tahun 2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Evawati mengungkapkan pihaknya berniat menggenjot mina baca di kalangan masyarakat Kota Pasuruan. Inovasi yang dilakukan oleh DPA di antaranya adalah dengan menggabungkan konsep perpustakaan bersama lingkungan.

“Konsep ini diperkenalkan sejak awal 2019 dan sudah berjalan lebih dari enam bulan. Alhamdulillah, peminatnya pun cukup banyak, seperti kalangan siswa,” ungkapnya.

Eva -sapaan akrabnya- menjelaskan konsep ini dilakukan dengan menggandeng komunitas di Kota Pasuruan. Tidak hanya komunitas literasi saja, namun komunitas lainnya pun diajak bertukar pikiran untuk mengembangkannya. Salah satunya untuk kegiatan edukasi.

Eco library ini dengan memanfaatkan ruang publik berupa taman dan halaman di depan perpustakaan. Misalnya, sharing atau berbagi wawasan, membaca buku di taman, diskusi sesama teman untuk mengerjakan tugas sampai berlatih komunikasi bahasa Inggris di tempat ini.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat utamanya pelajar jadi senang ke perpustakaan. Sehingga, lama kelamaan, mereka pun rajin membaca buku dan minat baca mereka pun naik,” sebut Eva. (riz/fun)