Tunggu Kaji Ulang, Perbaikan Tebing Longsor Tol Gempan Berpotensi Molor

GEMPOL, Radar Bromo– Perbaikan tebing longsor di ruas jalan tol Gempol–Pandaan, sampai saat ini belum direalisasikan. Bahkan bisa saja pengerjaannya molor dari target sebelum Lebaran sudah harus tuntas. Sebab, sampai saat ini perbaikan masih harus dikaji ulang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga sekarang masih menunggu kaji ulang tim teknis dari ITS. Butuh perencanaan matang untuk membenahi longsor yang memiliki dimensi dimensi ukuran panjang sekitar 30 meter dan tingginya mencapai delapan meter.

“Masih dikaji ulang lagi oleh tim teknis dari ITS. Jadi, untuk perbaikan tebingnya yang longsor belum bisa ditempuh atau menunggu,” ucap manajer traffic dan aset PT. Jasamarga Pandaan, Tol Sumantri.

Dihubungi koran ini melalui ponselnya, Sumantri menuturkan, tim teknis dari ITS telah presentasi dengan Kementrian PUPR di Jakarta. Hasilnya, rekomendasi belum turun. Sebaliknya. PUPR menganjukrkan kembali untuk kaji ulang. Salah satunya konsentrasi pada puncak tebing.

Meliputi elevasi buangan air hujan dan juga resapan dari sejumlah pabrik berada di puncak tebing. Kemudian memaksimalkan rancangan desainnya, untuk penanganan pada tebing yang saat ini longsor atau di bawah. Termasuk juga di puncak tebing atau bagian atas.

“Mengingat saat hujan turun, air di puncak tebing langsung meluncur bebas ke bawah. Termasuk pula dari jalan raya. Tentunya juga menjadi pertimbangan, sehingga perlu dikaji ulang lagi,” katanya.

Untuk perbaikan tebing yang longsor, tetap ada beberapa opsi menjadi pilihan. Masing-masing bisa dengan borpile, shortgrid, juga plengsengan pasangan batu.

“Rekomendasi turun, fisik kontruksinya langsung dikerjakan. Targetnya diupayakan sebelum lebaran sudah selesai,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, tebing do tol Gempan tepatnya di Km 51, Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, mengalami longsor Februari lalu. Longsor terjadi (gempan) sisi sebelah timur terjadi, sejak pertengahan Februari kemarin, usai hujan deras turun di lokasi setempat. (zal/fun)