Proyek Kampung Budaya Petilasan Untung Suropati Segera Diajukan ke Tahap Lelang

PASURUAN, Radar Bromo– Kawasan petilasan Untung Suropati di Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo dipastikan menjadi kampung budaya. Rencana Pemkot Pasuruan itu mendapat apresiasi dari Dewan Kebudayaan setempat.

Hal itu diungkapkan Dedy Setiawan selaku Ketua Penelitian dan Pengembangan Dewan Kebudayaan Kota Pasuruan. Menurutnya, Pemkot memang sudah seharusnya mengembangkan potensi daerah yang memiliki nilai historis.

“Melihat potensi di Mancilan itu memang luar biasa. Dengan adanya dua petilasan Untung Suropati dan juga kesenian pencak kuntu yang merupakan kearifan lokal Kota Pasuruan,” terang Dedy.

Ia menyebut, Pemkot memiliki peran penting dalam melestarikan budaya yang ada. Dengan begitu, masyarakat terutama generasi muda bisa memahami kebudayaan yang ada di kotanya.              “Terpenting lagi potensi ini bila dikembangkan juga akan menjadi daya tarik bagi masyarakat luar daerah untuk lebih mengenal Kota Pasuruan melalui aspek sejarah dan budaya,” sambung Dedy.

Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Uung Mafudi Djafar mengatakan ada beberapa infrastruktur yang dibangun lebih dulu guna menunjang kampung budaya. “Tentunya dengan menonjolkan nilai-nilai historis disana,” ujarnya.

Gapura yang menjadi ujung akses menuju petilasan nantinya akan direnovasi. Selain itu, pihaknya juga berencana memberi sentuhan relief pada tembok yang ada di sepanjang jalan itu. Relief ini nantinya akan menggambarkan perjuangan Untung Suropati. “Target kami akhir bulan ini perencanaan sudah selesai, atau paling lambat awal Maret. Selanjutnya akan masuk tahap lelang,” pungkasnya. (tom/fun)