Alokasikan Rp 1,197 Miliar untuk Dukung Sekolah Ramah Anak

PANGGUNGREJO, Radar Bromo– Pemkot Pasuruan terus berupaya untuk memberikan kenyamanan bagi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di  Kota Pasuruan. Salah satunya dengan mewujudkan sekolah yang ramah anak.

Tahun ini Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 1,197 miliar untuk mendukung program ramah anak. Rinciannya dana sebesar Rp 996 juta untuk lembaga SD dan sisanya sebesar Rp 231 juta untuk lembaga SMP.

Kasubag Perencanaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan, Sutrisno mengungkapkan setiap lembaga menerima Rp 21 juta untuk program ramah anak. Anggaran ini bersumber dari APBD tahun 2020.

“Ini wujud komitmen dari Pemkot untuk mendukung program ramah anak. Sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman,” ungkapnya.

Tris-sapaan akrabnya merinci anggaran miliaran ini diperuntukkan bagi sekolah negeri saja. Yaitu 46 SD negeri dan 11 SMP negeri. Sementara untuk sekolah swasta tidak mendapatkan bantuan untuk program sekolah ramah anak ini.

Dana ini boleh digunakan oleh setiap lembaga sekolah pada kegiatan yang mendukung ramah anak. Misalnya pembangunan toilet ramah anak atau ruang kelas yang ramah anak. Ini bergantung pada usulan setiap sekolah.

“Yang jelas ini harus digunakan untuk program ramah anak. Bentuknya apa tergantung usulan mereka. Anggaran ini langsung ditransfer ke rekening lembaga,” terangnya. (riz/fun)