alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Pelaku Curanmor Dibawah Umur yang Sempat Dimassa Dikembalikan ke Orangtua

PANDAAN – Polisi akhirnya menuntaskan penyidikan kasus pencurian motor yang menyandung ZA, 17. Kasus remaja asal Kecamatan Wonorejo itu diputuskan tak akan sampai ke meja hijau. Dia juga tak ditahan dan sudah dikembalikan ke orangtuanya.

KEKELUARGAAN: Proses diversi yang dihadiri banyak pihak. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Bukan tanpa dasar mengapa polisi memutuskan perkara ini tak sampai ke persidangan. Selain karena ZA masih kategori dibawah umur, polisi juga sudah berkoordinasi dengan Balai Permasyarakatan (Bapas) Malang.

Hal ini dibenarkan Kanitreskrim Polsek Pandaan Iptu Suparlan. “Proses ini kami lakukan melaksanakan amanat UU 11/2012, karena pelakunya masih dibawah umur. Kemudian ancaman hukum dibawah tujuh tahun, dan bukan pengulangan tindak pidana,” tegasnya saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo di kantornya, Rabu (20/2).

Polisi juga telah menempuh penyelesaian secara diversi yang dilakukan Rabu pagi (20/2) di Mapolsek Pandaan. Penyelesaian itu dihadiri Kapolsek, Kanitreskrim, perwakilan Bapas Malang. Pelapor dan keluarganya, serta terlapor juga dengan keluarganya, juga hadir.Selain itu, ikut menyaksikan Kades dan Kasun tempat terlapor tinggal selama ini. Juga undangan lainnya.

Karena sudah tidak ditahan, pelaku sekarang dalam pengawasan orang tuan dan pihak keluarga imbuhnya. “Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan dan juga tidak saling menuntut. Kini kami tinggal segera mengajukan permohonan penetapan diversi ke PN Bangil,” tukasnya.

Apakah pelaku ZA memiliki gangguan jiwa? Kanitreskrim mengatakan kondisi kejiwaan pelaku normal. “Memang dia (ZA) sempat ngelantur. Ternyata sebelum kejadian, ZA lebih dahulu mengkonsumsi pil, sehingga efek sampingnya seperti alami gangguan jiwa,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ZA sempat dihakimi massa Minggu (17/2) silam. Ini setelah dia ketahuan hendak mencuri motor di Dusun Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan. ZA sempat hendak diproses hukum, namun lantaran usianya masih 17 tahun, polisi menempuh upaya lain. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Penuhi Syarat, JMSI Serahkan Berkas Pendaftaran ke Dewan Pers

Dideklarasikan 8 Februari 2020, dalam waktu singkat JMSI dapat memenuhi persyaratan menjadi konstituen Dewan Pers.

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.