Baterai PJU Solar Cell Kerap Hilang, Warga Ganti dengan Penerangan Listrik

MAYANGAN, Radar Bromo – Beberapa Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada berada di RT.01/RW.15 Kelurahan Mangunharjo dengan lampu solar cell tak lagi berfungsi. Pasalnya, baterai (baca: aki) penyimpan daya solar cell hilang. Akibatnya, warga beralih menggunakan lampu manual untuk penerangan jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Sumadi mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi terkait dengan tidak berfungsinya lampu solar cell dari petugas yang berada di lapangan. “Saya mendapat informasi dari petugas lapangan. Nanti kami akan lakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi di lapangan seperti apa,” pungkasnya.

Menurutnya, pengecekan ini akan dilakukan untuk memastikan kondisi penerangan jalan umun yang ada di sekitar. Setelah dilakukan pengecekan kondisi, selanjutnya akan dilakukan tindakan yang tepat terkait keberadaan solar cell.

Pengecekan ini tak hanya dilakukan pada solar cell yang tak lagi berfungsi di Mangunharjo. Tetapi pengecekan akan dilakukan di beberapa titik penerangan jalan umum yang telah terpasang di beberapa titik di Wilayah Kota Probolinggo.

“Pengecekan tak hanya satu lokasi. Namun di beberapa lokasi yang pernah dilaporkan warga untuk memastikan kondisi penerangan jalan umum dalam kondisi baik dan berfungsi,” tuturnya.

Pihaknya juga akan mengefektifkan lampu solar cell yang saat ini masih digunakan sebagai penerangan jalan umum. Menurutnya penggunaan lampu solar cell sedikit susah dibandingkan dengan lampu manual.

“Setelah pengecekan di lapangan, rencananya nanti lampu solar cell akan diganti dengan lampu manual yang dayanya menggunakan listrik agar lebih mudah perawatannya,” tuturnya. (ar/fun)