Tol Paspro Siap Diresmikan 7 Februari, Tol Probowangi Dipastikan Tak Lewat Jember

SUDAH 97 PERSEN: Tol Paspro saat dibuka secara fungsional pada liburan Natal dan tahun baru, beberapa waktu lalu. Diperkirakan, 7 Februari nanti, tol Paspro akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PROBOLINGGO – Pengerjaan proyek fisik jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi I – III sudah mencapai 97 persen. Kurang 3 persen lagi untuk finishing dan tol Paspro bisa dioperasionalkan. Peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo pun dipastikan akan dilakukan 7 Februari mendatang.

Agus Minarno, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tol Paspro pada Kementerian PUPR RI menjelaskan hal itu, Minggu (20/1). Menurutnya, saat ini ruas tol Grati-Leces ditutup. Karena sedang pengerjaan tahap finishing. Diperkirakan akhir bulan ini finishing selesai 100 persen.

“Kami masih melakukan finishing. Mulai dari tanah samping penyanggah, lampu penerangan, markah, dan rambu-rambu lainnya. Ditargetkan akhir bulan selesai semuanya,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Angga Abimanyu selaku site and engineering manager PT Waskita Karya. Menurutnya, hingga saat ini progres pengerjaan fisik tol Paspro I-III, sudah jalan 97 persen. Targetnya, akhir bulan sudah rampung.

Sebab, sesuai jadwal, peresmian proyek jalan tol Paspro mulai ruas Grati-Leces akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 7 Februari 2019. “Untuk peresmian diperkirakan pada tanggal 7 Februari mendatang. Sementara hingga saat ini, tinggal 3 persen saja. Diperkirakan akhir bulan rampung,” bebernya.

Untuk menyambut peresmian, PT Waskita Karya menggelar acara Gowes Ceria Waskita, Minggu (20/1). Dengan garis start di Gate Leces dan finis di GOR Kedopok. Tujuannya, untuk mengenalkan jalan tol pada masyarakat.

Setidaknya ada 760 peserta yang hadir, termasuk Wali Kota Hj Rukmini. “Acara ini digelar salah satunya untuk menyanbut atau sebagai praacara peresmian Tol Paspro,” terang Angga Abimanyu yang juga ketua panitia.

Sementara itu, Agus Minarno, PPK Tol Paspro pada Kementerian PUPR RI, kembali menepis kemungkinan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) melintasi Jember. Hal ini dia tegaskan karena banyak informasi yang menyebutkan tol Probowangi melintasi Jember.

Akibat informasi itu, menurut Agus, banyak masyarakat yang menghubunginya. Baik menghubungi secara langsung ataupun melalui staf dan lainnya. Seperti melalui PT Waskita dan beberapa ada yang menanyakan pada camat dan kepala desa.

“Makanya saya tegaskan bahwa informasi itu tidak benar. Tol Probowangi tetap pada rencana awal dan tidak melintasi Jember,” terangnya saat acara Gowes Ceria Waskita, Minggu (20/1) pagi di GOR Kedopok Kota Probolinggo.

Dilanjutkan Agus, sampai saat ini pengerjaan tol Paspro seksi IV dan tol Probowangi masih berlanjut. Untuk seksi tol Paspro seksi IV, sudah masuk inventarisasi dan identifikasi lahan. Sedangkan untuk tol Probowangi masih tahap pengukuran tanah dan sosialisasi.

“Hingga saat ini tidak ada perintah atau rapat tentang perubahan jalan tol. Pembangunan tol di Probolinggo mulai dari Desa Suko, Kecamatan Maron, hingga ke Paiton tetap berjalan sesuai rencana,” ujarnya. (rpd/hn/fun)