Kandang Dijebol, Sapi Warga Laweyan Digondol

SUMBERASIH – Pencurian sapi terus saja terjadi di Probolinggo. Rabu (19/9) dini hari, seekor sapi milik Untung, 33, dimaling. Akibatnya, warga RT 21/RW 9, gang Dampit, Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, itu menderita kerugian Rp 9 juta.

Sapi merah milik korban dimaling setelah kandang sapi yang terbuat dari anyaman bambu dijebol. Di tempat itu, menurut korban, sebenarnya ada tiga ekor sapi merah. Beruntung, hanya seekor yang hilang.

Korban mengatakan, malam harinya, yakni sekitar pukul 00.00, tiga ekor sapi miliknya masih ada di kandang seperti biasa. Namun, sekitar pukul 03.00, sapi miliknya tinggal dua ekor.

“Sebelum subuh saya lihat sapi kok tinggal dua. Setelah saya cek lagi, ternyata kandang sapinya dijebol bagian belakangnya,” terang Untung.

Diduga, pelaku sebenarnya hendak mencuri dua ekor sapi. Sebab, tali salah satu dari dua ekor sapi yang ditinggal di kandang, sudah putus. Namun, oleh pelaku tidak diambil.

“Dari tiga ekor, satu diambil. Dan, satu lagi talinya diputus. Sepertinya mau diambil juga. Tapi mungkin karena mendengar ada orang, akhirnya tidak jadi,” tambahnya.

Saat itu juga, korban bersama Pak Kampung langsung mengikuti jejak pelaku ke arah barat. Sayangnya, sampai siang korban tidak melaporkan kejadian ini.

Seperti diungkapkan Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi. Menurutnya, hingga siang harinya, belum ada laporan tentang pencurian sapi. “Sampai saat ini masih belum ada laporan,” terangnya. (rpd/hn/mie)