PKL Buah Kembali Jualan di Jalan Cokroaminoto, Ini Kata Satpol PP

KANIGARAN – Setelah sempat steril dari aktivitas pedagang buah, Jalan Cokroaminoto kembali digunakan PKL. Ini terlihat dari sejumlah PKL buah yang berdagang lagi di sepanjang ruas jalan tersebut. Tidak lagi ditempatkan diatas trotoar, namun langsung menggunakan badan jalan.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, PKL buah ini terlihat terutama selatan kantor Kelurahan Kanigaran. Terdapat sekitar 3 PKL buah nampak berjualan di badan jalan.

Saat dikonfirmasi harian jawa Pos radar bromo Jumat (19/7), Agus Efendi, kepala Satpol PP Kota Probolinggo tidak menampik kondisi tersebut. Menurutnya, Satpol PP sudah melakukan tindakan tegas terkait keberadaan PKL buah.

“Kami sudah melakukan upaya untuk mencegah PKL buah. Namun ternyata PKL masih kucing-kucingan dengan petugas,” ujarnya.

Bahkan petugas telah melakukan penyitaan terhadap buah yang dijual pedagang. “Akhirnya mereka pergi dari Jalan Cokroaminoto. Tapi ketika petugas Satpol PP pergi dari Jalan Cokroaminoto, mereka balik lagi untuk berjualan,” tambahnay.

Upaya penindakan yang lebih tegas dengan penegakan hukum pun telah dilakukan. Seperti memberikan sanksi tipiring kepada PKL yang nekat berjualan di tempat yang dilarang.

“Sepanjang 2019 saja sudah ada 20 PKL yang kena tindak pidana ringan. Ada yang kena lebih dari 1 kali tipiring,” ujarnya.

Sayangnya PKL ketika terkena tipiring enggan untuk datang ke pengadilan. Mereka tidak hadir saat dilakukan sidang. “KTP pun diambil di kantor Satpol PP. Dan sulit untuk menjadwal ulang proses sidang tipiring,” jelasnya. (put/fun)