Tingkat Kesembuhan Pasien di Kota Pasuruan Lambat, Gugus Tugas: Masa Penyembuhan Berbeda

PASURUAN, Radar Bromo – Jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah beberapa waktu terakhir. Berbanding terbalik dengan tingkat kesembuhan pasien yang lambat.

Jumlah pasien yang sembuh berdasarkan dua kali tes swab, selisih sedikit dengan jumlah pasien yang masih harus melawan virus korona. Itu, dikarenakan proses kesembuhan setiap pasien tidak sama.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan dr Shierly Marlena mengatakan, proses kesembuhan pasien virus korona memang perlu waktu. Sehingga, kesembuhan satu pasien dengan pasien yang lain tidak sama.

“Kondisi setiap pasien memang berbeda-beda. Ada yang setelah swab pertama turun, 14 hari perawatan, lalu di-swab dua kali hasilnya negatif. Tapi, ada beberapa kasus, tidak banyak, yang lebih panjang dari itu. Sampai 2×14 hari ada juga,” ungkap dia.

Dia menambahkan, kesembuhan pasien bisa dipengaruhi beberapa faktor. Seperti daya tahan tubuh yang baik, serta faktor psikis pasien itu sendiri. Kesembuhan pasien yang memiliki penyakit penyerta, tentu berbeda dengan pasien yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Karena itu, penanganan pasien yang memiliki penyakit penyerta, juga ekstra. Artinya, pasien harus mendapatkan penanganan penyakit penyertanya lebih dulu. Sehingga, kondisi kesehatannya lebih terjaga.

“Kesembuhan pasien tergantung daya tahan tubuh pasien. Kemudian adanya penyakit penyerta yang diderita pasien, lalu ada kontak dengan pasien positif yang lain,” jelas Shierly.

Menurutnya, perawatan di rumah sakit maupun, isolasi di rumah tak bisa jadi acuan seorang pasien bisa sembuh lebih cepat. Apalagi, dari beberapa kasus selama ini, perawatan di rumah sakit juga tidak menjamin pasien sembuh dalam waktu singkat.

“Seperti kasus pertama, istri dari pasien yang meninggal di Sebani itu, dirawat di rumah sakit 2×14 hari. Baru dinyatakan sembuh. Ada juga pasien dari Tapaan, dirawat di rumah sakit tidak sampai 2×14 hari,” ungkap dia. (tom/hn/fun)