Sempat Kritis, Stok Darah PMI Kab Probolinggo Kembali Normal

PAJARAKAN, Radar Bromo – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo kembali aman. Stok darah yang ada saat ini sudah bisa digunakan mencukupi kebutuhan darah selama dua minggu ke depan.

Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo dari PMI setempat, ketersediaan darah saat ini berjumlah 68 kantong. Terdiri atas golongan darah A sebanyak 8 kantong, B sebanyak 30 kantong, O sebanyak 26 kantong, dan AB sebanyak 5 kantong.

Adi Nugroho, kepala Unit Donor Darah PMI setempat mengatakan, untuk ketersediaan sudah kembali aman. Stok golongan darah yang sebelumnya kosong sudah ada kembali.

“Saat waktu kosong itu, sorenya langsung datang. Kami di-dropping dari PMI Lumajang,” katanya.

Jumat (19/6) PMI bahkan menggelar donor darah di Mapolres Probolinggo. Puluhan anggota Polri itu langsung melakukan donor secara sukarela. Hasilnya, ada sekitar 60 sampai 70 kantong darah berbagai golongan yang berhasil dikumpulkan.

“Ada tambahan lagi dari hasil donor darah di polres. Dengan demikian semakin banyak persediaan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dengan tambahan tersebut, stok donor di PMI kini ada sekitar 120 kantong. Itu, diperkirakan akan memenuhi kebutuhan selama dua minggu ke depan. “Insyaallah cukup selama dua minggu ke depan,” ungkapnya.

PMI hingga saat ini masih belum bisa melakukan kegiatan donor darah di kecamatan. Sebab, masa pandemi ini banyak daerah yang belum berani menggelar kegiatan. Karena itu, bagi masyarakat yang mau berdonor, dipersilakan untuk ke kantor PMI.

“Tetapi, kami screening dulu. Kami tanya apakah sehat, pernah bersentuhan atau berinteraksi dengan pasien positif dan lainnya. Jika pernah, maka kami pending dulu,” terangnya. (sid/fun)