Harus Dipindah atau Tidak, Rencana Relokasi Pasar Bangil Butuh Kajian

BANGIL, Radar Bromo – Rencana revitalisasi Pasar Bangil di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, ternyata tidak mudah dilakukan. Walau sudah lama diwacanakan, rencana itu tak kunjung terealisasi.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengungkapkan, Pasar Bangil merupakan salah satu pasar yang ingin dikembangkan pemkab. Supaya bisa menjadi ikon di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Sebab, Bangil yang merupakan ibu kota Kabupaten Pasuruan, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana memadai. “Termasuk keberadaan pasarnya. Dan, kami memang ingin menjadikan Pasar Bangil, pasar yang modern dan bisa menjadi ikon,” tandasnya.

Hanya saja, rencana tersebut sulit direalisasikan dalam waktu dekat. Selain butuh kajian, juga dibutuhkan anggaran yang tak murah. Kajian tersebut berkaitan pula dengan lokasi pasar.

“Apakah memang bisa direalisasikan di wilayah setempat atau perlu direlokasi,” imbuhnya.

Jika memang perlu direlokasi, dibutuhkan lokasi yang menunjang. Sementara ini, pemkab belum memastikan lokasi yang pas untuk relokasi Pasar Bangil.

“Jadi, kami masih membutuhkan kajian untuk mempermak Pasar Bangil. Ini dimaksudkan untuk memastikan Pasar Bangil memang bisa menjadi percontohan pasar yang lain,” pungkasnya. (one/hn/fun)