alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Dua Hari Dilalap Api, 20 Hektare Hutan Argopuro Hangus

KRUCIL – Kawasan hutan di Gunung Argopuro di kawasan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Argopuro, tepatnya di Blok Gunung Lirang Mata Air Ci Sentor, dilalap api. Selama dua hari (16-17/9) kebakaran, mengakibatkan sekitar 20 hektare lahan hutan hangus.

Senin (17/9), sekitar pukul 15.00, api berhasil dipadamkan. Sehingga, kobaran api tak semakin meluas. Kepala Seksi Konservasi BKSDA Jawa Timur Wilayah VI Probolinggo Mamat Ruhimat mengatakan, api yang membakar semak-semak itu terhalang salah satu sungai. Adanya sungai ini otomatis menjadi sekat antara semak-semak. “Sampai saat ini sudah dinyatakan aman karena sudah dipadamkan,” ujarnya.

Mamat mengatakan, api diketahui muncul mulai Minggu-Senin (16-17/9). Saat itu, api mulai melalap semak-semak. Mendapati itu, tim gabungan turun melakukan pemadaman api secara manual.

Kebetulan di sekitar lokasi bebakaran ini ada aliran Mata Air Ci Sentor. Sehingga, secara tidak langsung aliran sungai ini menjadi sekat dan api tidak merambat ke blok sebelahnya. Sejumlah petugas juga memanfaatkan air dari sungai ini untuk memadamkan api.

“Kecuali pada pohon cemara masih keliatan asap, baik yang sudah roboh maupun yang masih berdiri. Sehingga, kami tim BKSDA Jatim yang terdiri atas SKW V1, Resort 23 Argopuro, dan MMP, melakukan pemadaman di pohon yang masih keluar asap,” ujarnya.

Soal dugaan penyebab terjadinya api, Mamat mengatakan, api diduga muncul karena ulah manusia. Pihaknya mengaku menemukan adanya bekas pengapian di sekitar lokasi kebakaran. Namun, sejak tanggal 10 September, aktivitas pendakian sudah ditutup.

Karenanya, juga tidak menutup kemungkinan api muncul karena musim kemarau. Sehingga, mengakibatkan semak-semak kering dan terbakar. “Kami di lapangn khususnya tim Resort Argopuro tetap melakukan pemantauan. Sebagai antisipasi masih ada api yang muncul,” ujarnya. (mas/rud/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU