Sediakan Waktu Empat Bulan untuk Rehab Lapangan Petahunan

GADINGREJO, Radar Bromo – Lapangan Petahunan milik Pemkot Pasuruan akan segera berganti wajah. Tahun ini fasilitas olahraga sepak bola di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, itu akan direhab total.

Dengan begitu, kondisi lapangan akan lebih representatif. Setidaknya, lapangan tersebut lebih layak untuk digelar pertandingan. Sejumlah fasilitas yang dibutuhkan sesuai standar lapangan akan dipenuhi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan Hardi Utoyo mengatakan, sejauh ini rehab lapangan siap dikerjakan setelah melalui tahapan lelang. Beberapa waktu lalu, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan rekanan yang memenangkan lelang proyeknya. “Sebagai tahap akhir sebelum penandatanganan kontrak. Kami juga melibatkan TP4D untuk turut mengawasi,” ujarnya.

Diperkirakan, rehab lapangan yang dianggarkan Rp 1,6 miliar itu akan dimulai akhir bulan ini. Pekerjaannya akan memakan waktu empat bulan. Sehingga, akhir tahun dipastikan proyek sudah rampung digarap.

Menurut Hardi, rehab lapangan itu dilakukan mengingat kontur tanahnya lebih rendah ketimbang area jalan dan irigasi di sekelilingnya. Kondisi itu kerap mengakibatkan lapangan tergenang sepanjang musim hujan.

Sehingga, arena lapangan perlu ditinggikan sekitar 65 sentimeter hingga sejajar dengan jalan dan irigasi. Setelah diuruk, permukaan lapangan akan kembali ditanami rumput. Tapi, yang dilakukan dalam rehab nanti tak hanya menguruk permukaan lapangan saja. “Beberapa fasilitas penunjang juga akan disediakan. Seperti pagar besi di sekeliling lapangan, bench pemain, dan toilet,” ujar Hardi. (tom/fun)