alexametrics
30 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Semua Yang Ikut Pemakaman Pasien Covid Ricuh di Lekok Di-Rapid Test

PASURUAN, Radar Bromo – Aksi perebutan jenazah AR mendapatkan atensi dari Pemkab Pasuruan. Wabup Pasuruan KH A. Mujib Imron sangat menyayangkan peristiwa ini. Pihaknya memastikan, semua warga Rowogempol yang berada di lokasi pemakaman saat aksi perebutan terjadi, bakal di-rapid test.

Hal ini dipastikan Gus Mujib –panggilannya- saat datang ke Balai Desa Rowogempol, Sabtu (18/7). Dia datang sekitar pukul 10.30 didampingi Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman dan Dandim 0819 Pasuruan Letkol Burhan Fajari. Di balai desa, Gus Mujib memberikan pengarahan pada sejumlah warga yang hadir di areal pemakaman Desa Rowogempol, Kamis (16/7).

Gus Mujib mengaku prihatin dan sangat menyayangkan peristiwa itu. Karena itu, Pemkab berharap ke depan peristiwa serupa tidak terulang. Sebab, Covid-19 merupakan penyakit menular dan bisa menyebabkan kematian. Dia pun berharap warga selalu memperhatikan protokoler kesehatan. Seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

“Kami harap kejadian ini adalah yang pertama dan yang terakhir. Dan tentu pemkab sangat mendukung langkah Polres Pasuruan Kota untuk menindak pihak yang terlibat sebagai provokator. Ini untuk keamanan bersama,” ungkapnya.

Di sisi lain, menurutnya, pemkab bakal me-rapid test semua warga yang hadir di pemakaman AR. Rapid test akan dilakukan Kamis (23/7) atau tepat sepekan setelah aksi perebutan jenazah AR. Jika ada warga yang reaktif, maka yang bersangkutan akan dikarantina mandiri.

Sebagai antisipasi awal, tim gugus tugas memberikan prebiotik yakni vitamin bagi warga. Selain itu, penyemprotan seluruh kampung di Desa Rowogempol akan dilakukan secara berkala.

Gus Mujib pun menegaskan, pemkab akan meningkatkan pengamanan bagi petugas medis yang menangani jenazah Covid-19. Namun, tentunya pengamanan ini akan dilakukan sesuai standar operasional (SOP). Tujuannya, untuk mengantisipasi kejadian ini kembali terulang. Sebab, jenazah Covid-19 perlu dimakamkan secara khusus dengan protokoler kesehatan. Sehingga, tidak menular ke warga yang sehat.

“Tentu pengamanan bagi petugas medis juga menjadi perhatian kami. Tapi, tetap sesuai SOP. Namun yang pasti, sosialisasi kembali tentang bahaya Covid-19 yang utama agar hal ini tidak kembali terulang,” sebut Gus Mujib. (riz/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dari 5 Pendonor, Hanya Dapat 3 Plasma Konvalesen

Dari 20 calon donor plasma konvalesen di Kabupaten Probolinggo, hanya 5 calon donor yang lolos screening. Namun, dari 5 calon donor itu hanya 3 orang yang diambil plasma konvalesennya.

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021.

Rusak, Rehab Jalan Gununggangsir-Karangrejo Diusulkan Tahun Depan

Kondisi ruas jalan di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji tersebut alami kerusakan.

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Bunda PAUD Hadiri Pelantikan Pengurus Himpaudi Kab Pasuruan

Sebanyak 14 Anggota pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2019 – 2023, resmi dilantik.