alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Sah, Seluruh Fraksi di DPRD Kab Probolinggo Setujui RPJMD 2018-2023

PROBOLINGGO – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Probolinggo tahun 2018-2023, memasuki tahap akhir. Jumat lalu (15/2), pendapat akhir (PA) Fraksi-fraksi, menyetujui RPJMD. Sehingga, RPJMD pun ditetapkan dan disahkan.

Rapat paripurna DPRD digelar dengan agenda penyampaian Pendapat Akhir (PA) fraksi dan Penandatanganan Nota Persetujuan. Rapat dihadiri Bupati Probolinggo dengan pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Secara keseluruhan fraksi-fraksi di DPRD (Fraksi Nasdem, PKB, Golkar, PPP, PDIP-Hanura dan Gerindra) dapat menerima dan menyetujui Raperda tentang RPJMD Kabupaten Probolinggo Tahun 2018-2023 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Probolinggo,” kata Wakil Ketua DPRD Wahid Nurahman saat dikonfirmasi.

Wahid menjelaskan, fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo telah mencermati dengan sungguh-sungguh RPJMD. Serta mengimbau kepada eksekutif agar hasil temuan, saran dan koreksi dari panitia khusus (pansus). Baik terhadap redaksional maupun materi raperda dijadikan dasar untuk penyempurnaan raperda sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

“Karena rekomendasi dari pansus telah diperhatikan dan dilaksanakan. Fraksi-fraksi menyetujui dan raperda RPJMD pun disahkan,” tambahnya.

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus ikhlas kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang telah melakukan pembahasan Raperda RPJMD. “Suasana kebatinan seperti ini, sesungguhnya adalah buah sinergitas yang kita bangun dan perjuangkan bersama-sama. Senantiasa menginspirasi hubungan koordinasi antara eksekutif dan legislatif. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, bahwa Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD,” katanya.

Menurut Bupati, Raperda yang sudah dibahas ini posisinya sangat penting dan strategis dalam peningkatan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Probolinggo. “Artinya, disamping keharusan karena ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Raperda ini juga merupakan jawaban atas aspirasi dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungksnya. (mas/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).