alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Fungsional Jalan Veteran Molor, Penyebabnya Rekonstruksi Terkendala Ini

PANGGUNGREJO – Pengendara yang biasa melintas di Jalan Veteran, Kelurahan Bugullor, Kecamatan Panggungrejo sepertinya harus lebih bersabar agar dapat melintas dengan nyaman. Ini lantaran fungsional dua arah di jalan nasional ini dipastikan molor.

Sejauh ini, kendaraan besar seperti truk dan bis dari arah Surabaya yang hendak ke timur dialihkan dengan melintas di lajur selatan. Sementara, kendaraan besar dari arah timur yang hendak ke arah Surabaya dialihkan melalui jalur lingkar selatan (JLS).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Sentot Wijayanto mengungkapkan awalnya, fungsional ruas jalan setempat menjadi dua arah ditarget pekan ini. Namun, ternyata keinginan tersebut meleset.

Pasalnya, rekonstruksi jalan nasional sepanjang 650 meter ini lebih lama dari perkiraan. Kondisi ini tidak terlepas dari banyaknya pipa PDAM yang dekat dengan permukaan aspal. Sehingga, pelaksana harus membongkar aspal lama secara manual.

“Seharusnya, awal pekan ini sudah rampung dan dapat difungsikan. Namun, ternyata tidak bisa. Sebab, kami terpaksa harus manual. Jadi pengerjaannya pun lebih lama,” katanya.

Sentot menjelaskan proses rekonstruksi jalan masih berlangsung. Sejauh ini, Balai Besar sudah menyelesaikan rekonstruksi sepanjang 350 meter mulai dari pertigaan Kodim Pasuruan sampai timur SMK Negeri 1 Kota Pasuruan.

Rekonstruksi ini berupa penggantian lapisan aspal lama dengan menggunakan beton. Tujuaannya, agar jalan tidak mudah hancur akibat dilewati kendaraan bertonase berat. Anggaran rekonstruksi ini sebesar Rp 38,5 miliar.

“Kami mohon agar pengendara jalan lebih bersabar dengan menggunakan satu lajur. Kami targetkan awal November, jalan Veteran sudah berfungsi normal,” jelas Sentot. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU