alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Dugaan Perselingkuhan Dokter Dibahas Dewan, Sebut Ada Pelanggaran

BANGIL, Radar Bromo – Kasus dugaan perselingkuhan HSU, seorang dokter perempuan di Puskesmas Prigen, sampai ke meja legislatif. Itu, setelah suaminya, An, 44, warga Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, mengadukan persoalannya ke DPRD Kabupaten Pasuruan.

Bahkan, Kamis (17/9) Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan hearing membahas kasus tersebut. Beberapa pihak terkait dihadirkan. Selain An selaku pengadu, ada pula Inspektorat Kabupaten Pasuruan. Sementara, HSU dan ABS yang diduga sebagai selingkuhannya, tidak dihadirkan. Hearing tersebut berlangsung sekitar pukul 14.00. Sayangnya, hearing digelar tertutup.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan Kasiman menguraikan, hearing dilakukan didasari oleh laporan dari Anang. Dia melapor, ada dugaan pelanggaran peraturan pemerintah yang dilakukan HSU, istrinya.

Kasus tersebut bermula dari dugaan perselingkuhan HSU dengan ABS, seorang perawat di Puskesmas Prigen. Hingga akhirnya, berujung pada gugatan perceraian yang dilayangkan HSU kepada An. “Tapi, untuk perselingkuhannya belum ada bukti,” kata Kasiman.

Meski begitu, ada dugaan pelanggaran PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang ASN yang dilanggar oleh HSU. Karena dalam mengajukan perceraian, ia tidak mengajukan izin ke atasan. Hal itu termasuk pelanggaran berat bagi ASN. Sebab, sanksinya bisa sampai pemberhentian tidak hormat.

“Seorang ASN harus mengajukan izin kepada atasan untuk bercerai. Tapi, yang bersangkutan tidak melakukannya. Itu termasuk pelanggaran dan sanksinya berat,” ulas dia.

Hanya saja, pihak Inspektorat belum bisa menjatuhkan sanksi pada HSU. Karena putusan dari pengadilan agama belum inkracht. Anang, suami HSU mengajukan banding atas putusan cerai yang dilayangkan istrinya.

MERASA DIKHIANATI: An (kaus putih) saat mendatangi kantor Dinkes Kabupaten Pasuruan Kamis (25/6) siang. Foto lanan: Isi chat yang dicurigai An soal dugaan perselingkuhan istrinya. ( Foto : iwan andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

“Pemkab menunggu keputusan inkracht dari pengadilan agama. Putusan sebelumnya belum final setelah ada banding,” tuturnya.

Selain itu, menurut Kasiman, pelanggaran yang dilakukan ABS harus mendapat tindakan dari Pemkab. Statusnya yang sebagai Tenaga Harian Lepas (THL) patut dievaluasi. Apakah diperpanjang atau diberhentikan.

“Pemkab juga harus bersikap terhadap ABS. Apakah diberhentikan dari THL atau ada sanksi lain,” sampainya.

Sri Rochmiati, inspektur pembantu wilayah I Pemkab Pasuruan belum bisa memberikan banyak komentar terkait persoalan tersebut. “Biar saya laporkan dulu ke Inspektur ya,” ucapnya singkat saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo seusai hearing.

Seperti diberitakan sebelumnya, An melaporkan istrinya, seorang dokter di Puskesmas Prigen lantaran diduga selingkuh. Lelaki yang menjadi selingkuhannya adalah seorang perawat THL yang sempat bertugas di Puskesmas Prigen. Namun, kini yang bersangkutan dipindah ke RS Grati.

Terbongkarnya dugaan perselingkuhan itu, bermula dari chat HSU ke ABS, sekitar Oktober 2019. Chat tersebut diketahui An yang merupakan dokter di wilayah Sidoarjo. Kemudian, ia melaporkan kasus ini.

Laporan disampaikan ke PPA Polres Pasuruan, Dinas Kesehatan, hingga Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Pasuruan. Ia meminta agar keduanya dipecat. (one/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.