alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Dana Jamkesmas di Kota Pasuruan Cukup hingga Akhir Tahun

BUGUL KIDUL, Radar Bromo– Dinas Kesehatan Kota Pasuruan optimistis jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) yang dialokasikan tahun ini mencukipi hingga akhir Desember mendatang. Pasalnya di sisa empat bulan ini, Dinas Kesehatan masih memiliki cadangan jamkesmas sebesar Rp 13 miliar. Anggaran ini dinilai mampu memenuhi jaminan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan, dr Shierly Marlena mengungkapkan, pemkot mengalokasikan anggaran Rp 42.840.000.000 untuk Jamkesmas tahun ini. Anggaran ini dipergunakan bagi 85.000 jiwa penduduk yang tidak di-cover BPJS kesehatan oleh perusahaan maupun secara mandiri. Hingga akhir Agustus, serapannya mencapai Rp 29.509.700.113.

“Saya jamin Jamkesmas untuk masyarakat Kota Pasuruan yang berobat di klinik maupun rumah sakit masih aman hingga akhir tahun. Kami masih punya sisa anggaran lebih dari Rp 13 miliar hinhga akhir tahun,” ungkapnya.

Shierly menjelaskan dengan jamkesmas ini, masyarakat yang terkover program ini, jadi tidak perlu membayar premi untuk BPJS kesehatan. Dengan catatan mereka bersedia untuk ikut kelas tiga. Sebab pihaknya ingin agar seluruh masyarakat Kota Pasuruan bisa terjamin  kesehatannya secara penuh. Utamanya bagi masyarakat kurang mampu yang tidak bisa membayar biaya preminya setiap bulan.

Ia menyebut bagi masyarakat Kota Pasuruan yang ternyata belum memiliki kartu BPJS kesehatan bisa melapor ke kantor Dinkes. Mereka tidak dipungut biaya apapun dan hanya perlu membawa persyaratan seperti foto kopi kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan e-KTP. Atau masyarakat juga bisa mendaftar langsung ke BPJS Kesehatan bisa membawa surat pengantar dari Dinkes.

“Kami yakin dana Jamkesmas yang tersedia masih mencukupi hingga akhir tahun. Jadi kami tidak perlu menambah anggaran dalam P-APBD tahun ini. Bagi masyarakat yang merasa belum terdaftar bisa melapor,” sebut Shierly. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.