Puskesmas Banyuanyar Direhab, Pelayanan Dialihkan ke Balai Desa

BANYUANYAR, Radar Bromo – Warga Kecamatan Banyuanyar, harus bersabar dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat. Pasalnya Puskesmas Banyuanyar sekarang masih dalam proses pembangunan dan sementara pelayanan kesehatan dialihkan di Kantor Desa Banyuanyar Kidul.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, pembangunan ini dilaksanakan sejak Agustus minggu keempat lalu. Dengan kondisi seperti ini, mengharuskan seluruh fasilitas dan pelayanan kesehatan untuk warga Kecamatan Banyuanyar, dipindah. Untuk itu Kantor Desa Banyuanyar Kidul dialihfungsikan menjadi puskesmas sementara.

Pengalihan itu sejatinya tak mengganggu kinerja. Hanya saja beberapa warga mengaku, tak mendapat informasi soal pengalihan tersebut. Akibatnya, mereka banyak yang baru tahu, saat datang ke Puskesmas Banyuanyar.

TUNGGU BEROBAT: Sejumlah pasien menunggu untuk berobat di balai Desa Banyuanyar Kidul yang dijadikan tempat untuk pelayann Puskesmas Banyuanyar. (Foto: Achmad Arianto/Jawa Pos Radar Bromo)

Salah satu pasien Puskesmas Banyuanyar, Mutmainnah warga Desa Banyuanyar Lor mengatakan, dia sedikit kebingungan ketika hendak berobat. Hal ini karena di areal puskesmas yang sedang dibangun, tidak terlihat pengumuman pemindahan sementara layanan.

“Saya mau berobat, namun di puskesmas lama sedang dibangun. Lalu saya tanya sama penduduk sekitar dan diberitahu jika pelayanan sementara di Kantor Desa Banyuanyar Banyuanyar Kidul. Sedikit bingung karena tidak ada pengumuman yang ditempel,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pelayanan kesehatan yang diterimanya tak seperti biasanya ketika berobat di Puskesmas. Pasalnya pelayanan yang ada disana mengalami sedikit penurunan dan terkesan lebih lambat. “Biasanya kalau berobat pelayanan cepat, tidak lambat seperti sekarang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Anang Budi Yoelijanto mengatakan, jika pembangunan ini memang sudah dilaksanakan sekitar bulan Agustus di minggu ke empat. Ditargetkan selesai pada bulan Desember di minggu ke dua.

“Pembangunan memang sedang berlangsung, namun kami sudah berikan pengumuman jika layanan kesehatan sementara dipindah. Pembangunan saat ini sesuai dengan rencana dan kami targetkan bulan desember rampung,” ujarnya.

Pemindahan layanan puskesmas yang menggunakan Kantor Desa Banyuanyar Kidul dilakukan dengan pertimbangan untuk mempermudah mobilisasi warga sekitar. Agar lebih mudah dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan lokasi puskesmas yang sedang dibangun.

Disinggung terkait dengan penurunan kualitas layanan kesehatan, pihaknya mengatakan bahwa hal itu sudah lumrah terjadi. Karena itu merupakan salah satu konsekuensi dari sebuah pembangunan untuk peningkatan layanan kesehatan.

“Untuk sementara kami mohon maaf dan mohon kesabaran warga atas penurunan layanan kesehatan di Kecamatan Banyuanyar, namun ke depan pelayanan kesehatan ini akan jadi lebih baik,” jelasnya.

Pembangunan puskesmas yang saat ini berlangsung, rencananya akan mengalihfungsikan rumah dinas dokter yang berada di sisi sebelah timur puskesmas menjadi ruang pelayanan dan merenovasi atap bangunan yang berada di sebelah barat. (ar/fun)