alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Gelar Upacara di Tengah Kuburan, Ini Alasan Warga Kampung Melayu

KRAKSAAN – Upacara unik peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia juga dilaksanakan warga Kampung Melayu, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ratusan warga menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di tempat pemakaman umum (TPU) setempat. Pesertanya mulai bapak-bapak, ibu-ibu, sampai anak-anak.

Mereka yang ikut upacara, berpakaian sederhana sesuai profesinya masing-masing. Ada pula yang mengenakan pakaian adat Madura, khas Bali, pejuang 45, TNI, dan pakaian guru. Upacara berlangsung khidmat. “Ini upacara dilakukan pertama kali. Ternyata semangat dan kompak,” katanya.

Khusnul Khotimah, ketua RW II mengatakan, upacara yang diadakan ini digelar secara mendadak. Meski begitu, antusias warga sangat baik dan mereka kompak semangat hadir mengikuti upacara HUT RI.

“Ini upacara dilakukan pertama kali. Ternyata semangat dan kompak warga melayu sangat tinggi,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Khusnul menyebut, upacara itu memang sengaja digelar di kuburan. Alasannya, untuk menghormati para pejuang yang telah gugur mendahuluinya. “Kita harus ingat pada nenek moyang kita. Karena itu,” ujarnya.

Sofyan, 62, salah satu sesepuh kampung melayu mengatakan, dirinya yang berprofesi sebagai buruh tani, ingin juga mengikuti upacara HUT RI. Sebagai bentuk kecintaan pada bangsa ini dan mengenang para pejuang kemerdekaan RI. (mas/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU