alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

MUI: Jangan Takbir Keliling demi Mencegah Covid-19 Tak Menyebar

KRAKSAAN, Radar Bromo – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo mengeluarkan imbauan agar masyarakat tak menggelar takbir keliling. Imbauan tersebut diserukan karena saat ini sudah mendekati hari terakhir bulan Ramadan.

Imbauan itu juga bukan tanpa alasan. Sebab, sampai saat ini masyarakat selalu memiliki tradisi takbir keliling saat Lebaran. Nah, takbir keliling ini acap kali diikuti banyak orang. Sehingga berpotensi menyebarkan Covid-19.

Yasin, sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo mengatakan, di masa pendemi korona ini diharapkan masyarakat untuk tetap tenang. Juga mengurangi kegiatan yang tidak perlu. Hal itu, bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19. Termasuk berkumpulnya banyak orang saat takbir keliling digelar.

“Kami berharap masyarakat tetap tenang dan kurangi kegiatan tidak perlu. Masyarakat tetap beribadah seperti biasa dan ikuti anjuran pemerintah,” terangnya.

Ia mengatakan, sebentar lagi bulan puasa akan berakhir. Biasanya, masyarakat melakukan takbir keliling meskipun oleh berbagai pihak telah dilarang. Selain tidak ada faedahnya, imbauan itu juga guna untuk mengikuti instruksi pemerintah yakni di rumah saja.

Untuk itu, berkenaan masa pandemi ini, pihaknya berharap larangan takbir keliling benar-benar dilakukan. Masyarakat diharapkan takbir di rumahnya masing-masing.

“Kami berharap tidak ada yang takbir keliling. Sebab, takbir keliling itu tidak ada faedahnya. Lebih baik dilakukan di rumah atau di musala,” tuturnya.

Selain melarang takbir keliling, pihaknya juga meminta masyarakat untuk menjaga ketertiban. Yaitu, tidak menyalakan mercon, motor dengan knalpot brong, atau juga kumpul-kumpul.

“Kami harap demikian. Jadi, pelaksanaan hari raya tahun ini bisa lebih khusyuk meskipun sekarang masih dalam masa wabah Covid-19,” ungkapnya.

Begitupun dengan pihak kepolisian. Menjelang hari raya ini untuk meningkatkan keamanan. Baik kamtibmas atau di jalan. “Tingkatkan keamanan. Agar semuanya bisa aman dan tenteram,” ungkapnya. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU