Warga Jatiadi di Gending Dibekuk usai Curi Dua Proyektor SDN Maron Kidul

PAJARAKAN – Nur Muhammad, 44, warga Desa Jatiadi, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo tahun ini terpaksa berlebaran di dalam penjara. Itu setelah pihak kepolisian lalu meringkusnya, Kamis (16/5) lalu. Dia diringkus karena mencuri dua buah proyektor di SDN Maron Kidul I.

Kejadian pencurian di SDN Maron Kidul tersebut terjadi Sabtu (23/2) lalu. Pihak sekolah mengetahui bahwa ada pencurian di sekolahnya sekitar pukul 07.00. Saat itu di ada dua proyektor yang berada di ruangan kepala sekolah, raib.

Semula sekolah tidak mengetahui siapa yang melakukan pencurian tersebut. Tidak ingin berspekulasi, pihak sekolah kemudian melaporkan kejadian pencurian yang dilakukan orang tidak dikenal tersebut kepada pihak kepolsian.

AKP Riyanto, Kasatreskrim Polres Probolinggo mengatakan, dari laporan yang dilakukan oleh pihak sekolah itu didapatkan bahwa pelaku masuk kedalam sekolah melalui plafon. Pelaku memanjat naik ke atap ruangan tersebut.

“Setelah berhasil masuk, pelaku kemudian mengambil dua proyektor. Kemudian keluar dan membawa kabur barang jarahannya melalui pintu yang sama,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Setelah mendapat laporan dan olah TKP, polisi melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti bukti. Setelah ada yang diindikasikan melakukan pencurian, kemudian pihaknya langsung melakukan pengintaian. “Kami mencari bukti serta keterangan pihak sekolah,” katanya.

Penyelidkan yang dilakukan polisi berbuah manis. Pelaku berhasil diidentifikasi. Sehingga Kamis lalu, petugas berhasil menangkap pelaku disebuah rumah di Desa Seboro, Kecamatan Krejengan. “Pelaku kami amankan dan langsung kami bawa ke mapolres untuk ditindak lanjuti,” tandasnya.

Menurut pria yang pernah bertugas di Polres Pasuruan Kota itu, tersangka mengakui bahwa melakukan pencurian di sekolah itu seorang diri. Setelah melakukan pencurian itu, tersangka menjual dua proyektor itu sebesar Rp 1.950.000.

“Pelaku juga mengaku pernah mencuri dibeberapa tempat. Yaitu 3 TKP di Pajarakan dan 1 TKP di Maron,” jelasnya. (sid/fun)