Rumah Pasien Positif Covid-19 di Kab Probolinggo Disemprot Disinfektan

STERILISASI: Petugas DLH di bawah Gugus Tugas Pencegahan/Preventif Kabupaten Probolinggo melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien positif virus korona, (17/4). (Arif Mashudi/Radar Bromo)

Related Post

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Jumlah pasien positif korona yang mencapai 15 orang, menjadi perhatian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolingo. Untuk mencegah makin luasnya penyebaran virus korona, disinfeksi dilakukan pada 15 rumah pasien positif korona.

Kemarin (17/4), lima petugas dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Probolinggo menyemprot semua rumah dengan disinfektan. Tidak hanya di dalam rumah. Namun, juga di lingkungan sekitar dengan radius hampir setengah kilometer.

Koordinator Gugus Tugas Pencegahan Kabupaten Probolinggo Achmad Hasyim Asy’ari menjelaskan, upaya pencegahan dilakukan dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat fasilitas umum. Terutama karena bertambahnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

”Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap mendapatkan perhatian serius. Termasuk upaya pencegahan terhadap lingkungan sekitarnya,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Semua petugas menggunakan APD lengkap selama proses disinfeksi. ”Ada lima petugas penyemprotan disinfektan. Semuanya menggunakan APD lengkap, karena penyemprotan di rumah pasien positif Covid-19. Ini, sebagai upaya antisipasi dan mencegah penularan virus korona pada petugas penyemprotan,” terangnya.

Pasca disinfeksi di rumah-rumah pasien positif Covid-19, Hasyim mengaku, disinfeksi akan dilanjutkan di rumah-rumah Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Saat ini, jumlah PDP di Kabupaten Probolinggo lumayan tinggi. Butuh waktu beberapa hari untuk menyelesaikan disinfeksi di rumah para PDP.

”Kami juga akan melakukan penyemprotan di semua rumah PDP di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (mas/hn)