RSUD dr R Soedarsono Ubah Kebijakan Jam Besuk untuk Batasi Kegiatan Banyak Orang

PURWOREJO, Radar Bromo – Adanya imbauan dari Pemkot untuk membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang ikut mendapatkan atensi positif dari RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan. Rumah sakit pelat merah ini membuat kebijakan untuk membatasi masyarakat yang bisa datang ke rumah sakit untuk mengunjungi pasien.

Kebijakan tersebut di antaranya adalah untuk sementara jam kunjungan pasien oleh keluarga maupun kerabat ditiadakan dan pasien hanya diperbolehkan ditunggu maksimal dua orang yang dalam kondisi sehat. Serta, pasien rawat jalan atau poliklinik yang memasuki gedung rawat jalan hanya boleh diantar oleh satu orang.

“Untuk peniadaan jam kunjungan ini dilakukan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. Sementara untuk pembatasan pendamping di ruang rawat jalan ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan,” ungkap pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan, dr Tina Soelistiani.

Tina menjelaskan kebijakan ini sebagai upaya dari pihak RSUD untuk mengurangi pasien berinteraksi dengan banyak orang dari luar, meski sejauh ini di Jawa Timur dan Kota Pasuruan belum ditemukan warga yang terjangkit korona. Upaya ini untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 di lingkungan RSUD setempat dapat dilakukan sedini mungkin.

Tina menjelaskan pihak RSUD sendiri sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi. Di antaranya menyiapkan hand sanitizer di setiap ruangan. Dan menghimbau kepada pasien maupun pihak keluarga yang mendampingi ikut menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Termasuk melakukan pembersihan di setiap ruangan rumah sakit.

“Di setiap ruangan rutin kami lakukan pembersihan. Kami juga menyiapkan hand sanitizer. Sehingga kebersihan pasien maupun masyarakat yang datang tetap terjaga. Tujuannya ya agar mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini bisa diputuskan,” sebut Tina. (riz/fun)