Cegah Virus Korona, Intensifkan Penyemprotan di Fasilitas Publik di Pasuruan

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan berupaya agar mata rantai penyebaran virus Covid-19 bisa dicegah. Salah satunya dengan menggalakkan penyemprotan disinfektan di tempat umum dan fasilitas publik. Selasa pagi (17/8) penyemprotan ini dilakukan di TK Kemala Bhayanhkari, Terminal Blandongan dan Stasiun Kereta Api (KA) Kota Pasuruan.

Penyemprotan ini dilakukan sekitar pukul 09.00 oleh personil gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota. Setiap ruangan mulai dari ruang belajar, ruang bermain, tempat tunggu penumpang, warung makanan, gerbong KA, armada Bus hingga tempat pembelian karcis dilakukan penyemprotan. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama satu jam dan berlangsung kondusif.

Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya dari antisipasi penyebaran virus korona. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat Kota Pasuruan tidak perlu khawatir dan takut mengenai pemberitaan dari virus ini. Masyarakat hanya perlu melakukan tindakan dan perilaku hidup bersih dan sehat sesuai aturan yang dicontohkan oleh pemerintah.

“Masyarakat tidak perlu panik dengan pemberitaan yang ada. Tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan. Misalnya selalu cuci tangan sebelum dan setelah makan maupun dari kamar mandi. Sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari virus apapun,”ungkap Kapolres.

Sementara itu pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Pasueuan, dr Shierly Marlena mengungkapkan Pemkot sendiri rutin melakukan penyemprotan ke sejumlah instansi maupun fasilitas kesehatan dan umum. Ini sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran virus korona. Idealnya ini dilakukan secara rutin setiap pekannya.

“Penyemprotan ini tidak serta merta membuat penyebaran virus Covid-19 terhenti. Ini sebagai salah satu upaya saja. Penyemprotan memang harus dilakukan secara rutin minimal dua hari sekali. Selain itu yang penting adalah masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” terang Shierly. (riz/fun)