Cegah Covid-19, Dispendukcapil Imbau Tunda Urus Dokumen Kependudukan

SEBELUM DIBATASI: Kantor Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan yang biasanya ramai akan masyarakat. Dispendukcapil juga mengantisipasi wabah Covid-19, menunda pelayanan tatap muka namun tetap membuka online. (Foto: Dok. Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Imbauan Pemerintah Pusat termasuk Pemkab Pasuruan untuk menghindari kerumunan massa juga ditindaklanjuti oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat. Untuk menghindari antrean, Dispenducapil memberikan layanan online lewat pengajuan dengan Whatsapp.

Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat agar menunda dulu pengurusan dokumen kependudukan. Hal ini untuk mengantisipasi dan mempertimbangkan kondisi wilayah.

“Untuk pelayanan Dispendukcapil memang selama ini selalu terjadi kerumunan. Karena itu untuk mengantisipasi, ada imbauan dari pusat agar menunda pengurusan dokumen kependudukan kalau tidak urgent,” terangnya.

Namun Yudha mengatakan, semua layanan Dispendukcapil baik di Raci, Bangil ataupun di Kecamatan tetap dibuka. Hanya saja, jumlahnya dibatasi agar tidak ada lonjakan masyarakat di satu tempat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Yudha mengatakan segera akan membuat layanan online dengan membuka fasilitas Whatsapp yang bisa diakses masyarakat umum. Nantinya masyarakat bisa mengajukan via Whatsapp agar tidak perlu mengantre di kantor-kantor layanan Dispendukcapil.

“Nanti pengajuan dan semua syarat seperti KK, KTP bisa difoto dan dikirimkan ke WA. Asalkan jelas nanti langsung bisa diambil ke Kecamatan dengan durasi kurang lebih lima hari,” terangnya.

Untuk nomer layanan Whatsapp untuk layanan KTP elektronik 0813-5954-7691. Untuk layanan Kartu keluarga di nomer 0813-5954-7692. Dan layanan akta kelahiran/kematian di nomer 0813-5954-7689. Harapannya masyarakat bisa ikut bersabar dan mencegah di tengah situasi untuk menekan penyebaran Covid-19. (eka/fun)