Angin Kencang Tumbangkan Pohon di Maron dan Sempat Halangi Jalan

MARON, Radar Bromo- Pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo. Senin (16/12), sebarang pohon tumbang menutupi Jalan Desa Brabe, Kecamatan Maron. Akibatnya, arus lalu lintas di jalan ini terganggu.

Camat Maron Imam Syafi’i mengatakan, pohon roboh itu terjadi setelah hujan dan angin kencang yang terjadi sekitar pukul 14.00. Pohon itu tepat berada di pinggir jalan Blok Klagin, Desa Brabe. “Kami mendapat informasi pohon roboh dari warga. Kami cek di lapangan dan mengevakuasinya,” ujarnya.

Pohon tumbang itu melintang menghalangi jalan. Akibatnya, jalur lalu lintas itu tidak dapat dilalui oleh warga yang akan melintas dari Desa Brabe menuju Kecamatan Maron atau sebaliknya. Untuk mengatasi kemacetan, warga bersama perangkat desa langsung mengevakuasinya.

“Pasca pohon itu roboh langsung dievakuasi, mengingat jalan itu merupakan akses utama di Desa Brabe. Pohon itu dipotong menjadi beberapa bagian agar evakuasinya lebih mudah. Untungnya, tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo Aries Setyawan mengatakan, pihaknya selalu memantau setiap bencana yang terjadi. Pemantauan dilakukan untuk melakukan tindakan pasca bencana agar kemungkinan terburuk bisa diminimalisasi.

“Setiap bencana yang terjadi di lapangan kami selalu memonitor. Ini kami lakukan agar ketika bencana terjadi, kami bisa menangani atau evakuasi dengan cepat agar pemulihan pascabencana dapat segera dilakukan,” ujarnya. (ar/fun)