alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Limbah Kayu Terbakar di Gending, Perlu Waktu 12 Jam Padamkan Api

GENDING, Radar Bromo-  Insiden kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Gending. Setelah sebuah rumah di Desa Sumberkerang, kebakaran terjadi di sebuah tempat penyimpanan limbah pabrik kayu di Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Rabu (16/9). Banyaknya limbah kayu membuat api berkobar hebat sehingga butuh waktu 12 jam lebih untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun oleh Jawa Pos Radar Bromo kebakaran ini terjadi sekitar pukul 11.00. Sumber api berasal dari tempat penyimpanan limbah produksi berupa serutan kayu yang ditempatkan disebuah lahan kosong seluas sekitar 1 hektare.

“Kami mendapatkan informasi terjadi kebakaran disebuah pabrik kayu, dan segera mendatangi lokasi kejadian,” ujar Humas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo, Sholehudin.

Mengingat lokasi merupakan pabrik kayu, maka dikerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Tiga unit itu dari Pemadam Kebakaran Wilayah Barat dan Wilayah Timur. Serta satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Probolinggo. Perjalanan pun membutuhkan waktu selama 10 menit hingga pemadam sampai dilokasi kejadian.

Sesampainya dilokasi kemudian petugas melakukan pemadaman dengan menyemprot air ke titik api. Namun karena tumpukan limbah kayu sangat banyak serta angin yang cukup kencang, upaya pemadaman sedikit terkendala.

“Diduga api berasal dari mesin boiler. Titik api berasal dari sisi sebelah barat tempat penyimpanan limbah. Kemudian merembet ke sisi sebelah utara,” tandasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Namun banyaknya limbah, membuat kobaran api sulit untuk dipadamkan. Untuk mengantisipasi kurangnya air dalam tangki mobil pemadam kebakaran, petugas mengambil air dari hydrant yang dihubungkan dalam tangki mobil. Tindakan ini dilakukan samapi api benar-benar padam.

“Sebanyak 19 personel pemadam kebakaran dikerahkan, dan api benar-benar padam sekitar pukul 01.00 Kamis dini hari,” pungkasnya. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.