alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Siapkan Evakuasi Hiu Tutul yang Terjebak di Kanal PLTU Paiton

PAITON,Radar Bromo – Hiu Tutul yang terjebak di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo hingga Senin (16/9) belum juga dievakuasi. Hiu tersebut masih berkeliaran di kanal PLTU. Karena itu, banyak pihak yang mengkhawatirkan kondisi hiu tutul itu.

Salah satunya yaitu Dedi Isfandi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo. Menurut Dedi, hiu tutul tersebut diperkirakan sudah empat hari lamanya berada di kanal milik PLTU. Tentu saja patut dikhawatirkan kondisinya. Pasalnya, jika terlalu lama berada di kanal itu, salah satu biota laut yang dilindungi tersebut akan sakit.

Terdamparnya hiu tutul di kanal PLTU itu terjadi sejak Kamis (12/9) lalu. Diduga hiu itu mengikuti jejak plankton yang banyak di kanal itu. Kemudian masuk ke dalam dan tidak bisa keluar. Hingga, Senin, hiu tutul tersebut masih terjebak dan belum kembali ke lautan lepas.

Karena itu, lanjut pria yang akrab disapa Dedi itu, pihaknya akan segera mencarikan solusi. Tujuannya, ikan tersebut segera bisa lepas dan kembali kehabitatnya. “Whale shark itu harus segera dilepas ke lautan. Kalau tidak, bisa-bisa kondisi kesehatannya menurun,” ungkapnya.

Dedi juga menjelaskan, untuk mengeluarkan hiu itu dari dalam kanal tidak bisa sembarangan. Prosesnya, harus dilakukan dengan hati hati. Apalagi, perbedaan suhu di kanal dan di lautan lepas teramat jauh.

“Hiu tutul harus secepatnya dikeluarkan. Antara di kanal dan di lautan lepas, suhunya sangat berbeda,” terangnya.

Selain akan menyiapkan tim, pihaknya juga meminta pihak PLTU untuk melepasliarkan hiu itu. Tentu, tujuannya menyelamatkan mamalia laut itu ke habitat aslinya. “Kami masih akan merapatkan terkait cara evakuasinya. Nanti semoga bisa selamat,” ungkapnya.

Sebelumnya, humas PLTU Paiton Sukirman mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak Balai Pengelolaan Sumberdaya Pasir dan Laut Kementerian Kemaritiman dan Perikanan (BPSPL KKP) Bali untuk mengevakuasi hiu itu. Namun, karena kemunculan hiu itu yang tidak menentu, menyulitkan evakuasi.

“Munculnya itu tidak tentu. Seperti beberapa waktu lalu, terlihat ada hiu. Tapi saat kami cari, ternyata tidak ada. Dan untuk ini kami lakukan pencarian terlebih dulu dan kemudian akan melakukan evakuasi,” jelasnya. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU