Peserta Tes SKB CPNS Pemkab Pasuruan Wajib Rapid Test Mandiri

BANGIL, Radar Bromo – Tes penerimaan CPNS 2019 yang sempat tertunda bakal dilanjutkan kembali. Yang terdekat, yakni tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Lantaran bakal digelar dalam suasana masih pandemi Covid-19, Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan pun mewajibkan semua peserta menyertakan hasil rapid test. Rapid test itu dilakukan mandiri maksimal H-2 sebelum tes dilakukan.

Sekretaris BKPPD Kabupaten Pasuruan Bambang Adi mengatakan, syarat tambahan ini diberikan agar semua peserta yang ikut dalam tes SKB dipastikan sehat secara fisik. Meskipun nantinya saat pelaksanaan juga ada pengecekan suhu yang diberikan kepada semua peserta.

“Jadi, ada kewajiban peserta memberikan surat keterangan rapid test mandiri maksimal dilakukan H-2 sebelum tes dilaksanakan,” terang Bambang Adi.

Di Kabupaten Pasuruan, jadwal tes SKB pada 1-6 Oktober mendatang. Lokasinya berada di Laboratorium CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang. Jumlah peserta tes SKB tercatat mencapai 1.483 peserta.

Meski peserta sudah memberikan surat keterangan rapid test, namun sebelum ikut SKB, peserta diperiksa suhu tubuhnya. Jika suhu tubuh lebih dari 37,3 Celsius, maka akan ditempatkan di ruangan khusus dulu selama 10 menit. Jika tetap tinggi, maka akan mengerjakan di ruangan khusus berpisah dengan peserta lain.

Sedangkan bagi peserta yang saat jadwal tes SKB masih dalam masa isolasi Covid-19, maka wajib memberitahu kepada panitia lewat surat keterangan dari rumah sakit. “Sehingga, panitia akan mengajukan rekomendari ke BKN dan nantinya dari BKN yang akan memberikan jadwal untuk ikut jadwal tes di hari terakhir,” terangnya. (eka/mie)