Kurir SS Asal Bulukandang di Prigen Diringkus Lantaran Mengira Polisi Adalah Pembeli

BANGIL-Janam, 36, warga Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan benar-benar dibuat kecele. Betapa tidak, pembeli yang dikiranya bakal menjadi pelanggan, ternyata anggota Satreskoba yang sedang melakukan penyamaran. Alhasil, ia hanya bisa pasrah ketika petugas langsung menangkapnya.

Kasatreskoba Polres Pasuruan, AKP Nanang Sugiyono menguraikan, penangkapan tersebut dilakukan Senin siang (13/8) sekitar pukul 13.00. Penangkapan tersebut bermula setelah petugas memperoleh informasi atas aktivitas yang dilakukannya.

Lelaki yang bekerja proyekan ini, disebut-sebut menjadi perantara penjual sabu-sabu. Sudah dua tahun terakhir, ia menjadi pelaku penyalahgunaan narkoba. “Setelah memperoleh informasi itu, kami melakukan penelusuran,” kata Nanang-sapaannya.

Dengan berpura-pura menjadi pembeli, petugas menghubungi tersangka. Layaknya orang yang membutuhkan barang, tersangka kemudian memesan barang. Petugas kemudian mendatangi tersangka di rumahnya. Saat itulah, tersangka ditangkap. Dari penangkapan itu, sejumlah barang ditemukan. Selain sabu-sabu seberat 1,06 gram petugas juga mengamankan handphone dan sejumlah barang bukti lainnya.

Bersama barang bukti yang ditemukan itulah, tersangka digelandang ke Mapolres Pasuruan. Tersangka tak memungkiri dengan apa yang dilakukannya. Ia mengaku kaget dengan orang yang memesan. “Tak kira orang biasa. Ternyata polisi,” ungkap Janam.

Kini, karena perbuatannya itu, tersangka harus meringkuk di penjara. Ia dijerat pasal 114 jo pasal 112 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancamannya 10 tahun penjara. (one/fun)