alexametrics
30 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Dari 925 Pendaftar, Hanya 7 Siswa Pasuruan yang Lolos MAN Insan Cendekia

GRATI – Setelah mengikuti rangkaian seleksi secara nasional, awal Mei ini sudah diterima sebanyak 96 siswa baru angkatan kedua di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan. Dari 96 siswa tersebut, tercatat hanya 7 siswa asal Pasuruan yang diterima di madrasah internasional itu.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad As’adul Anam, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan. Anam mengatakan bahwa awal Mei kemarin sudah diumumkan terkait siswa yang lolos di MAN IC seluruh Indonesia termasuk di Pasuruan.

“Sudah ada nama-nama yang lolos dari 96 siswa. Namun memang hanya 7 siswa asal Pasuruan yang lolos masuk di MAN IC Pasuruan,” jelasnya.

Anam menambahkan, kendati MAN IC berada Pasuruan tepatnta di Kedawung Wetan, Grati, untuk seleksi dan tes tetap terpusat di Kemenag Pusat. Sehingga mulai dari proses pendaftaran, seleksi administrasi hingga tes keseluruhan, semuanya dilaksanakan Kemenag Pusat. Sehingga tidak bisa mematok kuota untuk putra daerah sendiri.

Dikatakan Anam bahwa siswa yang masuk MAN IC benar-benar dari hasil tes dan yang terbaik. “Sehingga dari 7 siswa Pasuruan yang lolos benar-benar dari hasil seleksi ketat dan yang terbaik,” terangnya.

Tahun ini, lanjut Anam, jumlah siswa Pasuruan yang masuk bertambah dari tahun lalu. Saat tahun ajaran 2018-2019 atau tahun pertama pendaftaran, ada 6 siswa asal Pasuruan yang diterima. Namun di tahun ajaran baru 2019-2010, naik 1 siswa menjadi 7.

Tahun ini untuk jumlah peserta didik memang meningkat. Jika angkatan pertama hanya 48 siswa, tahun ini menjadi 96 siswa. Ke 96 siswa itu dibagi dua, yakni untuk santri dan santriwati. Ke 96 siswa yang lolos ini sudah menyisihkan 929 siswa yang mendaftar di MAN IC Pasuruan.

Anam mengatakan, dengan pengumuman siswa angkatan kedua, nantinya proses tahun ajaran baru sendiri baru dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang. “Sementara angkatan kedua tetap pembelajaran berpusat di Wisma Santri, Surabaya. Baru kalau di MAN IC Pasuruan yang di Grati sudah selesai, bisa dipindah kesana,” tutupnya. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021.

Rusak, Rehab Jalan Gununggangsir-Karangrejo Diusulkan Tahun Depan

Kondisi ruas jalan di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji tersebut alami kerusakan.

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Bunda PAUD Hadiri Pelantikan Pengurus Himpaudi Kab Pasuruan

Sebanyak 14 Anggota pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2019 – 2023, resmi dilantik.

Wali Kota Probolinggo Serahkan Penghargaan Pada 10 Atlet Berprestasi

Sejumlah atlet berpestasi di Kota Probolinggo, mendapat penghargaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota probolinggo.