Dana BBM Truk Pengangkut Sampah Minim, Dianggarkan Rp 460 Juta Cuma Bisa Sampai Agustus

PARKIR: Kendaraan pengangkut sampah milik DLH Kabupaten Probolinggo. Tahun ini anggaran BBM untuk kendaraan tersebut hanya dialokasikan Rp 460 juta. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN – Anggaran bahan bakar minyak (BBM) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, untuk pengangkutan sampah dari TPS ke TPA tahun ini dinilai kurang. Saat APBD lalu, anggaran pengangkutan sampah hanya dialokasikan RP 460 juta.

Jumlah tersebut dinilai tak cukup hingga tahun anggaran habis. Alhasil, DLH berencana mengajukan penambahan saat P-APBD nanti.

Kurangnya anggaran itu disampaikan Kepala DLH Ahmad Hasyim Asyari. Menurutnya, anggaran untuk pengangkutan sampah dari TPS ke TPA tahun ini minim. Sehingga, pihaknya harus memutar otak untuk bisa memaksimlkan anggaran itu.

“Kami harus melakukan penghematan. Jika tidak anggarannya tidak akan cukup,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Caranya yaitu dengan menggunakan sistem sekali angkut. Yaitu, ketika pengangkutan harus memang benar-benar bersih. Jangan sampai ada sampah yang masih tersisa. Selain menimbulkan bau, sampah yang tersisa membuat pekerjaan yang dilakukannya menjadi dua kali kerja.

“Jadi kami memerintahkan kepada petugas pengangkut untuk sekali kerja. Setiap kali pengangkutan harus sampai bersih. Tidak boleh ada sampah yang masih tersisa di TPS,” ungkapnya.

Di Kabupaten Probolinggo ada sekitar 77 TPS. Itu, tersebar hampir seluruh kecamatan. Mekanisme pengangkutannya berbeda-beda. Ada yang dalam sehari sampai tiga kali ada yang dua hari sekali. Tergantung tempat TPS itu berada.

“Kalau diperkotaan biasanya sampai tiga kali dalam sehari. Sebab, volumenya selalu banyak. Beda lagi dengan pinggiran, itu kadang dua hari sekali,” jelasnya.

Masalah sampah, lanjut Hasyim, harus benar benar diatasi. Bukan hanya dari dinas, tetapi juga masyarakat harus turut andil. Sebab, jika dinas telah bekerja keras guna melakukan pembersihan sampah, namun mereka masih tidak sadar kebersihan akan sia sia. (sid/fun)