Ada Kabel dan Tiang Kendor di Nogosaren-Gading yang Bikin Resah Warga

GADING, Radar Bromo – Warga Dusun Kambengan, Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, belakangan dibuat waswas. Penyebabnya, ada kabel listrik Jaringan Tenaga Rendah (JTR) yang kendor hingga hampir sampai ke tanah.

Kabel JTR kendor itu berada di RT 14/RW 4, Dusun Kambengan, Desa Nogosaren.

Dari Informasi yang dihimpun, kendornya kabel JTR itu disebabkan karena terlepas dari alat pengait yang terpasang pada tiang listrik. Selain itu, miringnya tiang pada kabel juga ditengarai penyebab terlepasnya kabel pada tiang.

Menurut Muhammad Alawi, 35, warga setempat, miringnya tiang itu sudah terjadi sejak lama. Sekitar 2 tahun lebih. Namun, terlepasnya kabel JTR itu sekitar Desember 2019 lalu. “Sepertinya dampak cuaca buruk yang terjadi saat beberapa bulan belakangan ini menyebabkan kabel ini lepas dari pengaitnya,” ujarnya.

Alawi mengatakan, kabel JTR dan tiang miring itu cukup meresahkan warga. Sebab, setiap harinya ada saja warga yang berjalan di sekitar situ. Selain lokasi dekat dengan jalan utama menuju dusun. Lokasinya berada di sekitar lahan sawah milik petani setempat.

“Dari mulai tukang pencari rumput, petani, sampai pengendara motor dan mobil resah. Sebab, takut suatu saat JTR yang roboh menimpa orang hingga memakan korban. Selain itu, pemilik sawah yang lahannya berada tepat dengan tiang dalam waktu dekat juga akan melakukan panen. Pasti pemilik sawah risih dengan adanya kabel yang kendor ini,” ujarnya.

Alawi berharap dengan adanya kabel JTR kendor dan tiang listrik miring ini, mendapat perhatian dari pihak terkait. Sebab, menurutnya, hingga saat ini masih belum ada pihak yang melakukan pengecekan dan perbaikan.

Di sisi lain, Kepala Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kraksaan Muhammad Syafi’i mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan bahwa memang ada kabel JTR lepas dan tiang PLN yang miring. Namun, saat ini pihaknya masih melakukan pengamanan pohon pada kabel JTR yang berada di Daerah Condong dan Kecamatan Maron.

“Kami sudah mendapat laporan. Namun, saat ini kami masih melakukan pangkas pohon. Sehingga, setelah melakukan pemangkasan, kami akan langsung mengecek lokasi untuk ditindaklanjuti pada perbaikan,” ujarnya.

Syafi’i menambahkan, nanti dalam perbaikan dari pihaknya akan dilakukan pengaitan kembali kabel JTR pada tiang listrik. Sedangkan untuk tiang listrik sendiri akan dilakukan penegakan kembali. “Dalam perbaikan sendiri juga tidak perlu memadamkan aliran listrik setempat. Insyaallah akan dilakukan dalam Minggu ini,” ujarnya. (mg1/fun)