Rest Area Puspo Ditarget Selesai Bulan Depan, Sekarang Sudah Masuki Finishing

PUSPO, Radar Bromo – Menjelang akhir tahun, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan menggenjot pembangunan rest area Puspo. Ditargetkan awal November mendatang pengerjaan sudah selesai.

Gunawan Wicaksono, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan memastikan bahwa awal November mendatang untuk pengerjaan Rest Area di Puspo sudah bisa selesai 100 persen. Hal ini lantaran pekerjaan dikebut. Supaya saat puncak musim hujan semua pembangunan sudah selesai.

“Saat ini untuk musala sudah tuntas, lainnya seperti shelter bus, pavingisasi, toilet sampai information center rata-rata 90 persen,” terangnya.

Saat ini, selain pembangunan fisik yang kurang sedikit lagi, juga sudah tahap finishing dan pembersihan. Ini agar awal November dipastikan sudah tuntas.

Pembangunan rest area Puspo nantinya sebagai penunjang wisata Taman Nasional Bromo Tengger Bromo Semeru (TNBTS) dan Tosari. Jika bagi wisatawan yang naik atau turun ke Bromo, bisa singgah ke Rest Area untuk berisirahat. Untuk lahan seluas setengah hektare, merupakan lahan milik Desa Puspo yang disediakan untuk pembangunan rest area.

Pembangunan rest area Puspo nilainya Rp 2 miliar. Anggaran ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dana penugasan. Selain tempat parkir juga ada kantor informasi, toilet termasuk tempat ibadah dan toko souvenir.

Lokasi Desa Puspo sendiri sebelumnya sudah menjadi tempat parkir bus besar yang tidak bisa naik ke Tosari. Dengan begitu, wisata Bromo menjadi lebih savety.

“Karena saat ini kurang lebih sudah 90 persen dan targetnya awal November sudah selesai semuanya,” terangnya. Sedangkan untuk target difungsikannya diperkirakan pada akhir tahun atau awal tahun depan. (eka/fun)