Krisis Air Bersih, 3 Kecamatan Ini Disuplai Bantuan Air Bersih Polres

LUMBANG – Di Kabupaten Probolinggo, masih ada daerah yang kekurangan air bersih. Salah satunya Desa Purut, Kecamatan Lumbang. Karenanya, Jumat (14/9) Polres Probolinggo mendistribusikan air bersih kepada mereka.

Korps Bhayangkara itu menyuplai air bersih ke Dusun Sulur, Desa Purut. Menggunakan water cannon, mereka berangkat dari Mapolres Probolinggo sekitar pukul 13.00. Dusun ini dihuni oleh sekitar 900 warga.

Salah seorang warga Dusun Sulur, Sofiah mengaku senang mendapatkan kiriman air bersih. Sebab, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di musim kemarau setiap harinya warga harus membeli. Jarak penjualnya juga jauh, sekitar 2 hingga 3 kilometer dari Dusun Sulur. “Alhamdulillah, ada bantuan dari Pak Polisi. Kami harap bantuan tidak datang sekali ini saja. Karena kami sangat membutuhkan air,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Perangkat Desa Purut Dodi. Menurutnya, ada dua dusun di daerahnya yang kekurangan air bersih. Yakni, Dusun Sulur dan Dusun Gugud. Setiap kemarau, dua dusun ini selalu kesusahan air bersih. “Rencananya agar tidak berlarut larut, pada 2019 akan kami anggarkan melalui dana desa untuk mengatasi hal itu,” ujarnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad mengatakan, ada sekitar 18.000 liter air yang didistribusikan kepada warga. Air itu diangkut menggunakan tiga kendaraan, berupa dua mobil tangki berkapasitas masing-masing 5.000 liter dan satu water cannon dengan isi sekitar 8.000 liter.

“Kali ini ada tiga kecamatan yang kami suplai air bersih. Yaitu, Lumbang, Bantaran, dan Kecamatan Banyuanyar. Bantuan ini sifatnya hanya sementara. Selanjutnya kami upayakan pemerintah daerah membangun sumber mata air bersih atau saluran air bersih,” ujarnya.

Fadly mengaku, pihaknya sebagai aparatur negara tergerak untuk membantu masyarakat yang mengalami kesusahan. “Negara harus hadir di tengah masyarakat untuk bisa membantu seperti warga yang dilanda kekeringan ini. Dengan fasilitas water cannon, kami gunakan untuk dropping air bersih,” ujarnya. (sid/rud/mie)